Mimpi Buruk pada Orang Dewasa

Mimpi buruk pada orang dewasa seringkali terjadi secara spontan tanpa alasan. Meskipun begitu, tidak jarang pula kehadiran mimpi buruk dalam tidur juga dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan gangguan yang mendasarinya. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan tentang mimpi buruk pada orang dewasa dan penyebab yang mungkin mengakibatkannya.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: http://www.dreams.co.uk/


Penyebab Mimpi Buruk

Sejumlah penelitian dilakukan untuk mengetahui penyebab dari mimpi buruk itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab mimpi buruk yang kerap dialami oleh orang dewasa. 

1. Ngemil di Malam Hari
Beberapa orang mengalami mimpi buruk setelah terlalu banyak ngemil di larut malam. Kebiasaan ini ternyata dapat meningkatkan metabolisme dan memberi sinyal pada otak untuk lebih aktif.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://coach.nine.com.au/
baca juga

2. Konsumsi Obat
Sejumlah obat juga diketahui berkontribusi terhadap frekuensi mimpi buruk. Obat-obatan yang bekerja pada bahan kimia di otak, seperti antidepresan dan narkotika, sering dikaitkan dengan munculnya mimpi buruk. Selaini tu, obat-obatan non-psikologis, termasuk beberapa obat tekanan darah, juga dapat menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: http://www.adaircountyhealthsystem.org/

3. Kurang Tidur 
Kurang tidur dapat berkontribusi pada frekuensi mimpi buruk pada orang dewasa. Ironinya, kondisi ini sering menyebabkan orang kehilangan waktu tidur tambahan. Beberapa peneliti menduga bahwa ada sejumlah pemicu psikologis yang menyebabkan mimpi buruk pada orang dewasa.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.independent.co.uk/
baca juga

4. Gangguan Psikologis
Gangguan psikologis memang kerap dikaitkan dengan gejala munculnya gangguan mimpi buruk pada orang dewasa. Misalnya, kecemasan dan depresi yang dapat menyebabkan mimpi buruk yang terus menerus. Gangguan stres pasca-trauma (PTSD) juga biasanya menyebabkan orang mengalami mimpi buruk kronis yang berulang.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: http://www.zumi.md/

5. Gangguan Tidur
Terakhir, mimpi buruk pada orang dewasa dapat disebabkan oleh gangguan tidur tertentu. Ini termasuk sleep apnea dan restless leg syndrome. Jika tidak ada penyebab lain yang dapat ditentukan, mimpi buruk kronis mungkin merupakan salah satu bagian dari gangguan tidur.

Sering Bermimpi Buruk? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.healthxchange.sg/

Itulah beberapa jenis penyebab mimpi buruk yang terjadi pada orang dewasa. Jika mimpi buruk ini berlanjut dan terus mengganggu, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan ahlinya.