1. Terapkan Attachment Parenting

Cara Mengajarkan Anak Kejujuran Sejak Dini, Terapkan 5 Hal Ini Pada Si Kecil
source: https://babyology.com.au/

Anak-anak yang memiliki hubungan baik dengan orangtuanya cenderung tidak menjadikan bohong sebagai kebiasaan. Dalam attachment parenting anak dan orangtua dapat membangun kepercayaan dalam sebuah hubungan. Keduanya juga memiliki citra diri yang baik dan apa adanya satu sama lain sehingga mereka tidak perlu berbohong. Tentu ini akan berbeda jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki hubungan yang dekat dengan orangtuanya. Kecenderungan untuk mencari perhatian dapat dilakukan dengan berbohong.


2. Memberikan Contoh

Cara Mengajarkan Anak Kejujuran Sejak Dini, Terapkan 5 Hal Ini Pada Si Kecil
source: https://lifedevil.com/

Cara terbaik untuk mengajarkan anak sebuah nilai kehidupan adalah dengan memberikannya contoh nyata. Cobalah untuk selalu jujur atas kesalahan yang Mommy buat di rumah. Misal, saat Mommy lupa mematikan lampu di siang hari, ungkapkan bahwa Mommy telah melakukan kesalahan. Mengakui kesalahan, menyesali, dan berusaha untuk berubah adalah hal-hal yang harus lebih ditekankan untuk mencegah anak lari dan menutupi sebuah masalah.

baca juga


3. Jangan Melabeli Anak Pembohong

Cara Mengajarkan Anak Kejujuran Sejak Dini, Terapkan 5 Hal Ini Pada Si Kecil
source: https://www.highlights.com/

Kecenderungan anak untuk bertahan dan melindungi diri dari kesalahan yang dilakukannya adalah dengan berbohong. Sebut saja saat ia tidak mau mengaku setelah memecahkan gelas di dapur. Jika ini terjadi, pastikan Mommy tidak mengeluarkan emosi yang membuat anak takut padamu. Katakanlah dengan baik bahwa tidak apa untuk mengakui sebuah kesalahan. Ketakutan yang harus Mommu tumbuhkan adalah takut melakukan kesalahan, bukan pada orang yang akan marah atau hukuman yang akan diterimanya. Jangan pula melabeli anak pembohong karena itu dapat menghilangkan kemauannya dalam berusaha jujur.


4. Hindari Kondisi Pemicu Anak Berbohong

Cara Mengajarkan Anak Kejujuran Sejak Dini, Terapkan 5 Hal Ini Pada Si Kecil
source: https://www.popsugar.com/

Jika si kecil sering tertangkap berbohong, hadapkan langsung padanya kenyataan tentang kesalahan yang sudah dilakukannya dan jangan berikan ia kesempatan untuk berbohong lagi. Jika Mommy tidak ingin mendengar kebohongan, jangan ajukan pertanyaan. Jika dia berdiri di depan toples kue yang pecah dengan remah-remah di tangannya, tentu akan sangat konyol untuk bertanya apakah dia yang melakukannya. Tentu saja dia melakukannya. 

baca juga


5. Selalu Apresiasi Kejujuran

Cara Mengajarkan Anak Kejujuran Sejak Dini, Terapkan 5 Hal Ini Pada Si Kecil
source: https://www.30seconds.com/

Buatlah anak takut pada kesalahan yang dilakukan, bukan pada orangtua apalagi hukuman. Setelah ia mengakui sebuah kesalahan, beritahu ia tentang apa yang benar dan apa yang salah dilanjutkan dengan melaksanakan hukuman sesuai sebagai konsekuensi yang setimpal. Namun, setelah itu jangan biarkan anak terpuruk dalam kesedihan dan ketakutan. Berikan ia apresiasi atas kejujuran yang telah dilakukannya. Katakan bahwa kesalahan itu bisa diperbaiki, tetapi kejujurannya adalah yang paling berharga yang harus dijaga.