Kebutuhan serat untuk setiap orang rata-rata 25-30 gram per hari. Bisa kurang atau lebih sesuai umur dan jenis kelamin. Serat terbagi dua bentuk yaitu serat larut air dan serat tidak larut air.

  • Serat larut air. Jenis serat larut air ini akan membentuk massa seperti gel. Jenis serat ini lah yang bisa membuat Moms kenyang lebih lama.
  • Serat tidak larut air. Jenis serat ini memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan karena dapat mendukung pergerakan makanan di usus dan meningkatkan massa feses.
Adapun manfaat serat untuk tubuh diantaranya:
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengontrol kadar gula darah
  • ​​​​​​Membantu program penurunan berat badan
Dari mana sih kita bisa mendapatkan serat? Berikut deretan makanannya, Moms!

1. Kacang Merah

1. Kacang Merah

Kacang merah mengandung serat yang tinggi. Pasalnya, dalam satu cup kacang merah matang, setidaknya mengandung 11.3 gram serat.

baca juga

2. Alpukat

2. Alpukat

Buah yang tinggi akan lemak sehat ini juga mengandung serat yang cukup besar lho, Moms. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang, setidaknya mengandung 9.2 gram serat.

3. Kacang Polong

3. Kacang Polong

Biasanya kacang polong disajikan sebagai pelengkap nasi goreng atau steak. Ternyata kandungan serat dalam kacang polong juga terbilang tinggi lho. Dalam satu cup kacang polong setidaknya mengandung 8.8 gram serat.

baca juga

4. Bayam

4. Bayam

Siapa sih yang tak kenal dengan bayam? Bayam ini sangat disarankan untuk ibu hamil karena mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan. Selain ditumis atau dibuat sayur, bayam juga sering dijadikan smoothies. Dalam satu ikat bayam, setidaknya mengandung 6.2 gram serat, lho.

5. Ubi Jalar

5. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Karbohidrat kompleks ini sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah. Tak hanya mengenyangkan, ternyata ubi jalar mengandung 6 gram serat dalam satu cupnya.

6. Pear

6. Pear

Buah menyegarkan yang satu ini sangat disukai karena dapat menambah energi seketika. Selain kaya akan kadar air, ternyata buah pear juga kaya akan kandungan serat. Dalam satu buah pear mengandung 5.5 gram serat.

7. Apel

7. Apel

Buah apel dikenal sebagai buah yang baik untuk diet. Kandungan nutrisinya yang tinggi sangat baik untuk kesehatan. Ternyata, dalam satu buah apel mengandung 4.4 gram serat. 

8. Brokoli

8. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak disukai karena teksturnya yang renyah. Brokoli juga mengandung kalori yang rendah sehingga sangat cocok untuk Moms yang sedang menjalani program diet. Dalam satu cup brokoli, setidaknya mengandung 2.4 gram serat.

Nah itulah 8 jenis makanan kaya serat selain buah pepaya. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan serat harian agar sistem pencernaan lebih sehat.