1) Bayam

Bayam adalah jenis sayuran berdaun hijau yang wajib kamu konsumsi selama menyusui. Selain kaya vitamin dan zat besi, bayam juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk menghasilkan ASI yang berkualitas lho. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu perlu mengonsumsi bayam setidaknya satu sampai dua kali sehari.
 

source: http://www.womenshealthmag.com/food/high-protein-vegetables


 

2) Wortel

Mengonsumsi wortel saat menyusui akan memberimu banyak keuntungan. Selain bermanfaat sebagai booster ASI, buah berwarna oranye yang mudah sekali dijumpai ini kaya akan vitamin A sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI. Wortel bisa disajikan dengan cara direbus dan dibuat dalam bentuk jus dengan campuran susu ataupun jus wortel murni. Konsumsi satu kali setiap hari agar produksi ASI-mu makin lancar.
 

source: http://blog.foodnetwork.com/healthyeats/2013/05/08/how-many-vegetables-should-you-eat/


 

baca juga

3) Daun katuk

Daun katuk dengan mengandung zat booster ASI yang disebut laktagogum dan telah dipercaya secara turun temurun untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, daun katuk juga kaya akan steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin. Dengan kadar prolaktin yang tinggi, maka akan mempercepat dan melancarkan produksi ASI. Daun katuk bisa kamu konsumsi dengan dijadikan lalapan dan direbus. Sebelum mengonsumsinya. perhatikanlah cara mengolahnya agar tidak merusak zat yang ada di dalamnya.
 

source: http://www.perutgendut.com/read/manfaat-daun-katuk-untuk-tubuh/4178


 

4) Daun Ubi Jalar

Sama halnya dengan daun katuk, daun ubi jalar juga kaya akan zat laktogagum untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, daun ubi jalar tinggi akan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan zat besi. Untuk menambah kualitas ASI, kamu juga disarankan mengonsumsi ubi jalar. Kandungan gizi ubi jalar lebih tinggi dari kentang, dan mengandung nutrisi yang cukup komplit seperti serat, vitamin A, zat besi, folat, vitamin C, B2, B6 dan biotin. Jangan lupa membeli ubi jalar organik ya, ladies untuk menjaga bayimu tetap sehat dan tidak terpapar zat kimiawi.
 

source: http://www.parenting.co.id/dunia-mama/daun-ubi-jalar


 

baca juga

5) Beras merah

Banyak ahli sudah membuktikan kalau sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi selama menyusui adalah beras merah. Beras merah jauh lebih baik dari beras putih karena mengandung banyak serat. Selain itu, beras merah juga berperan penting untuk meningkatkan produksi ASI jadi lebih banyak. So, mulai sekarang beralihlah ke beras merah demi memberikan ASI berkualitas untuk Si Buah Hati.
 

source: http://divinehealthfromtheinsideout.com/2016/05/perfect-instant-pot-brown-rice/


 

6) Ikan salmon

Selama ini ikan salmon dikenal sebagai sumber protein yang dapat mencerdaskan otak. Ternyata di sisi lain, jenis ikan laut ini bisa membuat ASI yang kamu hasilkan jadi lebih berkualitas karena asam lemak essensial dan omega 3 yang terkandung di dalamnya lho. Kabar baiknya, ikan salmon termasuk ikan laut yang mengandung kadar merkuri rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari.
 

source: http://www.theinertia.com/business-media/the-fda-just-approved-the-first-gmo-frankenstein-fish/