1. Bisul

Daftar Penyakit yang Biasa Menyerang Anak, Pahami Penanganannya, Moms
source: https://parenting.firstcry.com/

Hampir semua anak pasti pernah memiliki bisul di masa kecilnya. Pada dasarnya, bisul merupakan infeksi yang sering terjadi akibat ada gesekan atau iritasi, seperti garukan atau mencakar. Infeksi bakteri kemudian terjadi dan dapat menyebar ke jaringan yang lebih dalam di bawah kulit serta di kelenjar penghasil minyak hingga akhirnya menyebabkan bisul.

Beberapa orang juga mengatakan bahwa memakan telur terlalu banyak dapat menyebabkan bisul. Para ahli pun menjelaskan bahwa eksem akibat alergi telur memang sangat mungkin terjadi. Kondisini dapat menimbulkan komplikasi infeksi oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Kemudian, infeksi akibat dari bakteri inilah yang akhirnya menyebabkan bisul.


2. Cacar Air

Daftar Penyakit yang Biasa Menyerang Anak, Pahami Penanganannya, Moms
source: https://newsnetwork.mayoclinic.org/

Selain bisul, penyakit pada kulit yang juga biasa terjadi di masa kanak-kanak adalah cacar air. Penyakit cacar air yang dialami anak-anak biasanya hanya menimbulkan gejala ringan. Tetapi, cacar tetap menjadi penyakit yang membatasi ruang gerak dan menimbulkan ketidaknyamanan besar pada diri anak.

Cacar air pada anak sendiri umumnya muncul dengan gejala ruam yang sangat gatal, seperti lepuh yang muncul 10 hingga 21 hari setelah terpapar dan terinfeksi virus cacar itu sendiri. Setelah itu, lepuh akan berubah menjadi berkerak sebelum akhirnya mengering. Sebagian besar anak mengalami demam ringan selama infeksi.

baca juga


3. Cacingan

Daftar Penyakit yang Biasa Menyerang Anak, Pahami Penanganannya, Moms
source: https://raisingchildren.net.au/

Penyakit cacingan memang sangat biasa terjadi di masa kanak-kanan. Cacingan sendiri terjadi disebabkan oleh parasit cacing yang hidup dalam usus besar dan usus halus manusia. Cacing-cacing ini dapat bertahan hidup dengan memakan nutrisi dari menyerap darah dari dinding-dinding usus serta sari-sari makanan yang masuk ke dalam usus. Kebiasaan tidak mencuci tangan setelah bermain sembarangan dan menghisap jari bisa menjadi penyebab masuknya parasit cacing ke dalam tubuh anak.


4. Campak

Daftar Penyakit yang Biasa Menyerang Anak, Pahami Penanganannya, Moms
source: https://www.medicalnewstoday.com/

Campak merupakan sebuah infeksi virus yang bersifat menular dan umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini biasanya muncul dengan ditandai adanya demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva), serta munculnya ruam merah pada kulit. Namun, apabila seseorang pernah terinveksi campak, maka seumur hidupnya ia akan menjadi kebal dari infeksi virus ini. Itulah sebabnya penyakit ini sangat umum terjadi pada anak-anak.

baca juga


5. Radang Amandel

Daftar Penyakit yang Biasa Menyerang Anak, Pahami Penanganannya, Moms
source: https://familydoctor.org/

Terakhir, penyakit yang juga sering dialami oleh anak-anak adalah radang amandel atau tonsilitis. Radang amandel ini merupakan sebuah kondisi di mana amandel mengalami inflamasi atau peradangan. Pada umumnya amandel ini dialami oleh anak-anak dengan rentang usia 3 sampai 7 tahun. Namun, tidak jarang pula amandel terjadi pada orang dewasa.