Jumlah tidur yang dibutuhkan seorang anak bervariasi tergantung pada individu dan faktor-faktor tertentu, termasuk usia anak. Berikut ini adalah panduan umum untuk waktu tidur yang dibutuhkan anak-anak berdasarkan usianya:

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anak? Ini Rekomendasinya Berdasarkan Usia
source: https://www.babble.com/


Anak Usia 1-4 Minggu: 15 - 16 jam per hari

Bayi baru lahir biasanya akan membutuhkan waktu tidur total sekitar 15 hingga 18 jam sehari, tetapi hanya dalam durasi singkat, yaitu dua hingga empat jam. Bayi baru lahir belum memiliki jam biologis internal, atau ritme sirkadian, pola tidur mereka tidak dipengaruhi dengan siklus siang dan malam hari. Bahkan, mereka cenderung tidak memiliki pola tidur sama sekali.


Anak Usia 1-4 Bulan: 14 - 15 jam per hari

Pada usia 6 minggu bayi biasanya akan mulai sedikit tenang dengan pola tidur yang lebih teratur. Pada usia ini, periode tidur terpanjang adalah empat hingga enam jam dan waktu terlama tidur cenderung terjadi lebih teratur di malam hari. 

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anak? Ini Rekomendasinya Berdasarkan Usia
source: https://www.bustle.com/


Anak Usia 4-12 Bulan: 14 - 15 jam per hari

Walaupun ideal hingga 15 jam, kebanyakan bayi yang berusia 11 bulan hanya tidur sekitar 12 jam. Pada usia ini, membentuk kebiasaan tidur yang sehat adalah tujuan utama selama periode ini. Hal ini penting karena bayi usia ini jauh lebih sosial dan banyak bermain dengan pola tidur yang lebih seperti orang dewasa.

baca juga


Anak Usia 1-3 Tahun: 12 - 14 jam per hari

Saat anak bergerak melewati tahun pertama menuju usia 18-21 bulan, ia kemungkinan akan kehilangan tidur siang dan sore hari dan tidur siang hanya sekali sehari dengan durasi 1 hingga 3 jam. Kemudian tidur malam sekitar 9+12 jam. Namun, pahami bahwa secara total mereka membutuhkan waktu tidur hingga 14 jam dalam sehari.

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anak? Ini Rekomendasinya Berdasarkan Usia
source: https://www.verywellfamily.com/


Anak Usia 3-6 Tahun: 10 - 12 jam per hari

Anak-anak pada usia ini biasanya tidur sekitar jam 7 malam dan 9 malam. Kemudian mereka akan bangun sekitar pukul 6 pagi dan 8 pagi. Pada usia 3, sebagian besar anak-anak masih tidur siang, sedangkan pada usia 5 kebanyakan dari mereka sudah tidak lagi mau tidur siang. Durasi tidur siang secara bertahap akan menjadi lebih pendek. 


Anak Usia 7-12 Tahun: 10 - 11 jam per hari

Pada usia ini, dengan beragam kegiatan sosial, sekolah, dan keluarga, waktu tidur anak perlahan akan menjadi lebih sedikit dan berkurang. Sebagian besar anak berusia 12 tahun akan tidur sekitar jam 9 malam. Sayangnya, waktu tidur rata-rata mereka hanya sekitar 9 jam, 1 jam kurang dari yang seharusnya.

Berapa Lama Waktu Tidur yang Dibutuhkan Anak? Ini Rekomendasinya Berdasarkan Usia
source: https://www.pinterest.com/


Anak Usia 12-18 Tahun: 8 - 9 jam per hari

Kebutuhan tidur yang konsisten dan teratur tetap menjadi bagian penting untuk anak yang lebih besar sekali pun. Namun, beragam aktivitas dan kegiatannya membuat mereka cenderung kekurangan tidur. Untuk itu, pastikan Mommy selalu memantau tidur anak tetap konsisten pada rentang waktu 8-9 jam per harinya.

baca juga

Nah, itulah beberapa hal penting seputar durasi tidur anak yang perlu Mommy tahu. Semoga informasi ini dapat membantu Mommy dalam memantau kebutuhan tidur anak demi tumbuh kembang yang lebih optimal.