Jenis-Jenis Pola Asuh Anak 

Para peneliti secara umum telah mengidentifikasi empat jenis gaya pengasuhan yang umum dilakukan oleh orangtua. Beberapa diantaranya adalah:

  • Authoritarian Parenting
  • Authoritative Parenting
  • Permissive Parenting
  • Uninvolved Parenting

Setiap gaya pengasuhan mengambil pendekatan yang berbeda untuk membesarkan anak-anak, dan dapat diidentifikasi dengan beberapa karakteristik yang berbeda.

Mengenal 4 Jenis Pola Asuh Anak dan Efeknya Untuk Si Kecil
source: https://www.telegraph.co.uk/


1. Authoritarian Parenting

Mengenal 4 Jenis Pola Asuh Anak dan Efeknya Untuk Si Kecil
source: https://www.momjunction.com/

Orang tua yang otoriter terkenal karena mengatakan, cenderung tidak tertarik untuk bernegosiasi dan fokus mereka adalah kepatuhan. Mereka juga tidak mengizinkan anak-anak untuk terlibat dalam tantangan atau memikirkan pemecahan masalah. Sebaliknya, merekalah yang membuat aturan dan menegakkan konsekuensinya. Dalam penerapannya, pendapat anak mungkin didengar. Tetapi hanya sedikit.

Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua otoriter yang ketat cenderung mengikuti peraturan hampir sepanjang waktu. Sayangnya, karakter yang terbentuk adalah anak yang cenderung tidak percaya diri. Mereka juga bisa menjadi anak yang lebih agresif jika terlalu ditekan. Selain itu, orang tua yang otoriter seringkali keras. Akibatnya, anak-anak mereka dapat tumbuh menjadi pembohong yang baik dalam upaya untuk menghindari hukuman.

baca juga


2. Authoritative Parenting

Mengenal 4 Jenis Pola Asuh Anak dan Efeknya Untuk Si Kecil
source: https://www.parentingforbrain.com/

Orang tua yang authoritative menginvestasikan waktu dan energi untuk mencegah masalah perilaku sebelum anak mulai menampakkannya. Mereka juga menggunakan strategi disiplin positif untuk memperkuat perilaku yang baik, seperti sistem pujian dan penghargaan. Para peneliti telah menemukan anak-anak yang memiliki orang tua otoritatif kemungkinan besar akan menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab yang merasa nyaman mengekspresikan pendapat mereka.

Anak-anak yang dibesarkan dengan disiplin otoritatif cenderung bahagia dan sukses. Mereka juga lebih cenderung pandai membuat keputusan dan mengevaluasi risiko keselamatan sendiri.


3. Permissive Parenting

Mengenal 4 Jenis Pola Asuh Anak dan Efeknya Untuk Si Kecil
source: https://www.wowparenting.com/

Orangtua yang permissive cenderung cukup pemaaf dan mereka mengadopsi sikap "anak-anak masih kecil, wajar jika mereka bersikap seperti anak-anak." Ketika mereka menggunakan konsekuensi, mereka mungkin tidak menjalankan konsekuensi itu secara tegas. Mereka mungkin memberikan hak istimewa kembali jika seorang anak memohon atau mereka mungkin mengizinkan anak untuk keluar dari time-out lebih awal jika dia "berjanji" untuk menjadi baik.

Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua permisif lebih cenderung menunjukkan lebih banyak masalah perilaku karena mereka tidak menghargai otoritas dan aturan karena kurangnya konsistensi orangtua. Mereka juga berisiko lebih tinggi untuk masalah kesehatan, seperti obesitas, karena orang tua yang permisif kurang tegas dalam menghadapi keinginan anak makan makanan cepat saji.

baca juga


4. Uninvolved Parenting

Mengenal 4 Jenis Pola Asuh Anak dan Efeknya Untuk Si Kecil
source: https://parenting.firstcry.com/

Anak-anak dengan orangtua yang kurang terlibat dalam perkembangan dan pertumbuhannya cenderung tidak menerima banyak bimbingan, pengasuhan, dan perhatian orang tua. Orang tua yang tidak terlibat mengharapkan anak-anak untuk membesarkan diri mereka sendiri. Mereka tidak mencurahkan banyak waktu atau energi untuk memenuhi kebutuhan dasar anak-anak, biasanya ini terjadi pada keluarga dengan ayah dan ibu yang sibuk bekerja.

Anak-anak dengan orang tua yang tidak terlibat cenderung bergumul dengan masalah self-esteem. Mereka cenderung kurang baik dalam kegiatan-kegiatannya di sekolah. Mereka juga sering menunjukkan masalah perilaku dan pemurung.