Pentingnya Tummy Time

Pentingnya Tummy Time Untuk Tumbuh Kembang Bayi, Cek Durasi Waktunya Sesuai Usia!
source: https://www.bellababy.ie/

Membiarkan bayi berada pada posisi tengkurap dan bertumpu di atas perutnya selama beberapa menit saat ia bangun dari tidurnya dapat membantu membantu melatih semua otot di bagian atas tubuhnya, meningkatkan stabilitas leher dan kontrol kepala. Selain itu, manfaat tummy time yang membantu bayi membangun kekuatan di bagian punggung, kaki, lengan, dan lehernyaakan sangat berperan dalam meningkatkan perkembangan selanjutnya, seperti berguling dan duduk.

Pentingnya Tummy Time Untuk Tumbuh Kembang Bayi, Cek Durasi Waktunya Sesuai Usia!
source: https://www.parents.com/

Tummy time juga dapat mendorong si kecil untuk berlatih meraih benda yang ada dihadapannya dan berputar atau berbalik. Tidak hanya itu, membiasakan anak berada pada posisi ini dapat membuatnya terstimulasi untuk mencapai perkembangan gerak motorik lain seperti merayap dan merangkak.

baca juga


Risiko Tidak Melakukan Tummy Time

Pentingnya Tummy Time Untuk Tumbuh Kembang Bayi, Cek Durasi Waktunya Sesuai Usia!
source: https://www.healthline.com/

Bisa dikatakan tummy time berperan penting dalam tumbuh kembang anak, khususnya pada aspek motoriknya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa kurangnya tummy time dapat menunda seorang bayi dari pencapaian titik perkembangan fisik seperti mengangkat kepalanya, berguling, duduk, dan masih banyak lagi.


Durasi Tummy Time Berdasarkan Usia Bayi

Pentingnya Tummy Time Untuk Tumbuh Kembang Bayi, Cek Durasi Waktunya Sesuai Usia!
source: https://www.webmd.com/
  • Bayi baru lahir: Coba letakkan si kecil dengan posisi tengkurap di atas dada atau di pangkuanmu sehingga ia terbiasa dengan posisi itu. Untuk menjadikannya bagian dari rutinitas si kecil, letakkan bayi di perutnya setelah selesai mengganti popok siang hari. Namun, jangan melakukannya tepat setelah menyusui karena dapat memicu tekanan pada perutnya yang dapat menyebabkan dia muntah.
  • Bayi usia 2 bulan: Setelah anak mulai terbiasa dengan posisi tengkurap ini, jadwalkan setidaknya tiga sesi tummy time dengan durasi 5 menit setiap hari. Letakkan si kecil di permukaan yang rata dan empuk, seperti playmat di lantai. Jika ia tampak tidak nyaman, cobalah untuk mengurangi durasi dan menambahnya sedikit demi sedikit.
  • Bayi usia 3 atau 4 bulan: Bayi yang sudah memasuki usia 3 bulan seharusnya sudah bisa mengangkat dadanya dari lantai dan bersandar pada sikunya dengan kepala tegak. Dia bahkan mungkin bisa mengangkat tangannya dari lantai, melengkungkan punggung, dan menendang kakinya. Setelah 4 bulan, ia mungkin cukup akan kuat untuk mulai berguling.


Nah, itulah beberapa hal seputar tummy time yang harus Mommy tahu. Jadi, jangan lewatkan tummy time si kecil, ya!