Tas berbahan kulit menjadi salah satu essential fashion item yang harus dimiliki oleh setiap wanita. Selain karena modelnya yang timeless, tas kulit yang umumnya merupakan keluaran brand ternama dan berharga cukup tinggi juga bisa menjadi barang investasi karena akan selalu memiliki nilai jual. Meskipun selalu berhasil menimbulkan kesan classy dan elegance untuk pemakainya, namun tas kulit yang tidak terawat justru bisa merusak penampilan lho moms. Bahan kulit asli pada tas yang rentan jamur dan bau bisa tetap terjaga dengan beberapa tips ini.

Hindarkan Tas dari Air

Air adalah musuh terbesar bagi tas berbahan kulit asli. Air dapat merusak serat kulit, terutama saat ada noda minyak yang menempel lalu hanya dibersihkan menggunakan air. Selain itu air juga bisa memicu timbulnya bakteri dan jamur tumbuh pada tas kulit. Bukan hanya air yang terkena tas secara langsung, kandungan air pada udara yang lembab juga bisa sebabkan tas tak bertahan lama.

Hindarkan Tas dari Air
baca juga

Jangan Menumpuk Tas

Menyimpan tas dengan cara ditumpuk akan mengubah tekstur dan bentuk asli dari tas. Cara terbaik untuk menyimpan tas kulit yaitu dengan memasukkan tas ke dalam sarung khusus, dan meletakkannya dengan cara berdiri. Jangan lupa isi sampai penuh dengan kertas atau kantong udara agar bentuknya tetap terjaga.

Jangan Menumpuk Tas

Biarkan Tas 'Menghirup' Udara

Saat terlalu lama disimpan tas kulit akan cepat mengelupas. Karena itu usahakan untuk selalu menggunakan koleksi tas kulit secara bergantian. Atau jika tidak ingin memakainya, moms bisa mengeluarkannya dari penyimpanan lalu membiarkannya terkena udara dalam suhu normal atau suhu ruangan. Lakukan treatment ini secara rutin, maksimal setiap dua minggu sekali.

Biarkan Tas 'Menghirup' Udara
baca juga

Hindarkan Tas dari Panas

Selain air, musuh lain dari tas berbahan kulit asli adalah panas. Jangan pernah membiarkan tas terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, atau terkena panas kimia seperti panas dari hair dryer bersuhu tinggi. 

Hindarkan Tas dari Panas

Jangan Mengusap Tas

Ketika tas kulit moms secara tidak sengaja terkena cipratan air atau hujan, maka jangan sampai mencoba mengeringkannya dengan mengusap. Bersihkan air pada tas dengan cara menepuk sehingga tidak mempengaruhi serat kulit pada tas. Hal lain yang menjadi pantangan besar bagi pemilik tas kulit adalah mengusap tas menggunakan tisu basah.

Jangan Mengusap Tas

Hindarkan Tas Dari Coretan Pulpen

Coretan pulpen adalah noda yang harus dihindari oleh pemilik tas kulit karena tidak dapat dihilangkan. Oleh karena itu saat memakai tas kulit dan membawa pulpen, sebaiknya moms memasukkan pulpen pada pouch khusus yang tertutup untuk menghindari tas terkena coretan pulpen yang tak diinginkan.

Hindarkan Tas Dari Coretan Pulpen

Gunakan Baking Powder

Saat tas kulit disimpan dalam waktu yang cukup lama, tak jarang akan timbul bau yang tak sedap. Untuk mengatasi hal ini moms hanya perlu menggunakan baking powder. Caranya tuang baking powder ke dalam wadah kecil, lalu masukkan ke dalam tas. Biarkan bungkusan baking powder tersebut selama sekitar 24 jam. Baking powder akan menyerap bau yang tidak sedap.  

Gunakan Baking Powder