Hindari Paksaan

Ketika anak tidak mau makan nasi, kebanyakan orangtua pasti memaksa anak-anaknya untuk menghabiskan nasi dalam piring yang sudah diambil. Padahal cara memaksa ini salah lho, Moms. Karena memaksa si kecil makan makanan yang tidak ia sukai hanya akan meninggalkan kesan buruk tentang makanan di benaknya. Saat si kecil menolak menyantap makanan yang Moms ambilkan, bersikap tenang saja Moms dan jangan memaksanya. Coba tawarkan makanan alternatif lain.

Hindari Paksaan
source: https://www.solusisehatku.com/

Terapkan Pola Makan Teratur

Menerapkan pola makan teratur merupakan salah satu cara mengatasi anak yang susah makan. Coba Moms menyajikan makanan dan camilan pada waktu yang sama setiap hari. Meski sesekali si kecil menolak menyantap makanan atau camilan yang Moms sajikan, ia akan mengerti bahwa setiap hari, pada waktu tertentu, pasti tersedia makanan di meja makan. Dengan begitu, ia akan mengatakan keinginannya untuk makan pada Mommies saat akhirnya lapar dan ingin makan.

Terapkan Pola Makan Teratur
source: https://www.solusisehatku.com/
baca juga

Variasikan Menu

Jika si kecil menolak makan nasi, Moms bisa memvariasikan menu nasi. Jika hari ini nasi putih, besok Moms bisa menyajikan nasi goreng atau nasi kuning sebagai bentuk variasi lain. Selain itu, Moms juga memvariasikan lauk pauk yang mendampingi nasi.

Variasikan Menu
source: https://www.solusisehatku.com/

Sajikan Dalam Porsi Kecil

Porsi besar mungkin membuat si kecil kenyang karena melihat porsi yang banyak dalam satu piring. Moms bisa memberikan porsi makan yang lebih kecil agar lebih cepat habis. Jadi si kecil tidak akan bosan ketika harus menghabiskan makanan.

Sajikan Dalam Porsi Kecil
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Sediakan Alat Makan Si Kecil

Cara mengatasi anak anti nasi yang terakhir adalah dengan menyediakan alat makan si kecil secara khusus. Dengan memiliki alat makannya sendiri, maka Moms sudah membangun suasana makan yang menyenangkan. Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan.

Sediakan Alat Makan Si Kecil
source: https://parenting.dream.co.id/

Nah Moms, itu tadi 5 cara jitu mengatasi anak yang tidak suka makan nasi. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin penunjang pertumbuhan anak-anak ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat.