Diberitakan sebelumnya memang Ibel, begitu biasanya disapa, sempat mengalami perdarahan saat kandungannya memasuki usia 7 bulan. Ibel pun sempat dirawat inap. Selain itu, pada pertengahan September lalu Ibel didagnosis mengidap infeksi saluran kemih (ISK). Dan pada awal Oktober 2019, pasangan selebriti ini harus rela kehilangan bayi kembar mereka untuk selamanya. Belum diketahui penyebabnya. Namun Ammar Zoni mengaku kondisi Irish Bella saat ini sudah membaik.

Irish Bella Kehilangan Bayinya, Berapa Lama Pemulihan Fisik & Mental Pasca Keguguran?
source: https://www.haibunda.com/
"Ibel alhamdulillah kondisinya sudah baik, sekarang lagi bedrest," ujar Ammar Zoni ditemui di area pemakaman mendiang putrinya di TPU Kalimulya 1, Depok, Jawa Barat,
source: https://www.haibunda.com/

Kehilangan anak tentu bukan hal mudah, terlebih ketika anak tersebut masih dalam kandungan. Rasa sakit dalam hati dan fisik pasti dirasakan oleh setiap ibu yang mengalaminya. Lalu butuh berapa lamakah pemulihan fisik dan mental ibu yang melahirkan bayi meninggal?

Dilansir Haibunda, untuk pemulihan fisik dan mental ibu setelah kehilangan bayinya yang lahir mati seperti Irish Bella, butuh waktu beberapa bulan untuk pulih terutama secara fisik. Disamping itu, meski melahirkan bayi dalam keadaan mati, ASI akan tetap keluar selama beberapa minggu. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan sport bra yang bisa mendukung payudara. Selain itu berkonsultasi ke dokter juga penting, untuk meresepkan obat agar ASI tidak berproduksi lagi.

baca juga

Pemulihan fisik pasca melahirkan memang berbeda-beda, Moms. Jika Moms melahirkan melalui prosedur normal, butuh waktu sekitar enam minggu untuk pulih. Sedangkan, jika bayi dilahirkan lewat proses caesar, pemulihan fisik ibu bisa lebih lama dari enam minggu.

Seperti yang disebutkan Elizabeth Czukas, seorang perawat bersertifikat di bidang kehamilan, melalui Haibunda, pemulihan setiap ibu pasca melahirkan kembali lagi pada kondisi masing-masing ibu, perawatan medis yang diberi, juga dukungan keluarga. Untuk pemulihan secara psikis, Czukas mengatakan bahwa rasa sedih kehilangan bayi dalam kandungan itu lumrah, dan bisa diatasi jika Moms mau berdamai dengan rasa bersalah.

Irish Bella Kehilangan Bayinya, Berapa Lama Pemulihan Fisik & Mental Pasca Keguguran?
source: https://www.instagram.com/_irishbella_/
"Untuk pemulihan psikis, tak masalah jika ibu bersedih. Itu adalah proses berduka yang lumrah dialami. Kemudian, coba berdamai dengan perasaan bersalah. Supaya tidak terlalu parah, tanyakan apa sebab kondisi bayi lahir mati pada dokter. Setidaknya, itu bisa jadi pelajaran ke depannya,"
source: https://www.instagram.com/_irishbella_/

Salah satu cara berdamai dengan perasaan bersalah adalah dengan memberikan nama pada bayi yang telah meninggal tersebut. Seperti Irish Bella dan Ammar Zoni telah memberikan nama untuk bayi kembar mereka, yaitu Aiona Aisyah Bella Akbar dan Aiora Khadijah Bella Akbar.

Selain memberikan nama, ibu yang baru saja melahirkan bayi mati sebaiknya tidak sungkan untuk meminta bantuan kerabat, keluarga, atau teman dekat yang bisa dipercaya sebagai teman curhat. Karena berbagi selalu banyak membantu.

Semoga Ibel dan Ammar Zoni diberi ketabahan setinggi-tingginya. Dan semoga kedua buah hatinya bisa menjadi pembuka kunci surga kedua orangtuanya. Aamiin.