Apa Itu Helicopter Parenting? Kenali Cirinya Yuk Agar Moms Tak Salah Mendidik Anak!

Apakah Helicopter Parenting Itu?

Helicopter parenting adalah sebuah metode pengasuhan dimana orangtua terlalu banyak mengatur kehidupan anak. Disebut helicopter karena pola asuh ini mirip helikopter yang melayang-layang di atas anak dan bisa saja langsung menukik untuk menyelamatkannya jika terjadi masalah.

Bahkan para helicopter parents sering berpendapat jika apa yang dilakukan ini akan membuat anak bahagia, buah hati tak akan dibiarkan merasa sedih, kecewa, marah, atau merasakan kegagalan. Dan biasanya orang tua dengan pola asuh helicopter parenting telah menyiapkan dan memilih segala sesuatu untuk putranya.

Apa Itu Helicopter Parenting? Kenali Cirinya Yuk Agar Moms Tak Salah Mendidik Anak!

Ciri-Ciri Orang Tua Helicopter Parenting

Banyak hal yang bisa dilihat dari orang tua dengan pola asuh helicopter parenting. Ciri pertama, selalu mengawasi gerak-gerik anak. Orang tua dengan pola asuh helicopter parenting takut berlebihan jika anaknya mengalami hal berbahaya, sehingga tak segan-segan untuk selalu mengawasi anaknya.

Untuk ciri kedua yaitu mudah menyalahkan orang lain, terutama yang dekat dengan anaknya, sebab orang tua yakin jika apa yang terjadi pada anaknya adalah hasil kesalahan orang lain. Bahkan orang tua tak segan menyuruh dan mengancam guru atau sekolah anaknya.

Ciri berikutnya yakni terlalu percaya tentang apapun yang diadukan anak. Dikarena orang tua dengan pola asuh helicopter parenting identik dengan over-protektif, maka tak heran jika orang tua begitu mudah percaya dengan aduan anak demi memberikan perlindungan.

baca juga
Apa Itu Helicopter Parenting? Kenali Cirinya Yuk Agar Moms Tak Salah Mendidik Anak!

Dampak  Helicopter Parenting

Tak jarang, helicopter parent akan terus ikut campur dengan keputusan anaknya bahkan hingga sang buah hati masuk dunia kerja. Hal ini tentu sedikit mengganggu ya, moms. Gawatnya lagi, bila tak dihentikan, pola asuh ini bisa menghambat perkembangan anak. Dan menurut Keene State College di US, ditemukan fakta jika anak yang dibesarkan dengan tipe orangtua helikopter cenderung tertutup pada gagasan dan aktifitas baru, mengalami rendah diri, kecemasan dan rapuh. 

Dari hasil studi pada anak dengan orangtua over-protektif di Sandiego University menemukan fakta bahwa anak-anak ini cenderung manja. Bahkan menurut studi yang dibuat oleh Jean Twenge di San Diego State University, anak dengan pola asuh ini akan memiliki etos kerja rendah tapi ingin gaji yang besar. 

Apa Itu Helicopter Parenting? Kenali Cirinya Yuk Agar Moms Tak Salah Mendidik Anak!

Menghindari Perilaku Helicopter Parenting

Untuk mampu menghindari helicopter parenting, moms harus menyadari jika peran orang tua adalah sebagai pengawas. Dan bila pilihan anak memang tidak baik, maka hal yang bisa dilakukan adalah memberikan penjelasan padanya bahwa pilihan yang diambil memiliki resiko yang buruk.

Nah, moms itulah tadi seperti apa helicopter parenting, walau terkesan mengatur kebebasan anak namun sebenarnya pengawasan dan mengutamakan kenyamanan anak sangatlah baik asal itu dilakukan dengan kadar yang tepat ya moms. Dan semoga informasi ini bermanfaat.