1. Morning Sickness

Morning sickness adalah hal yang wajar terjadi kepada ibu hamil terutama di trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang drastis sehingga tubuh harus beradaptasi. Tapi, ternyata morning sickness juga bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui jenis kelamin bayi dalam kandungan lho, Moms. Kalau kamu enggak mengalami morning sickness maka kemungkinan bayimu laki-laki, tapi kalau kamu mengalami ketidaknyamanan ini selama kehamilan, maka bayimu adalah perempuan.
 

source: https://www.bellybelly.com.au


 

baca juga

2. Detak Jantung Bayi

Kalau kamu kontrol ke dokter kandungan, coba yuk minta untuk mengecekkan detak jantung bayi dalam kandungan. Kalau detak jantungnya di atas 140 denyut per menit, maka bayimu kemungkinan besar laki-laki. Tapi kalau di bawah 140 denyut per menit, mungkin calon buah hatimu adalah perempuan. 
 

source: http://irelandsbabyshow.com


 

3. Jenis Makanan

Kala hamil, enggak sedikit bumil yang mengidam makanan tertentu. Bahkan ada yang mengidam makanan yang enggak disukainya ataupun enggak pernah dimakannya. Mengidam juga bisa membuatmu tahu jenis kelamin calon bayimu. Kalau kamu mengidam makanan asin atau asam, maka calon bayimu mungkin laki-laki. Tapi kalau kamu lebih suka makanan manis saat hamil, itu tandanya jenis kelaminnya adalah perempuan. 
Bayimu juga laki-laki kalau kamu lebih suka melahap protein seperti daging selama hamil, dan perempuan jika kamu lebih senang makan buah-buahan. 
 

source: https://www.duolingo.com


 

baca juga

4. Payudara

Coba deh perhatikan bentuk payudaramu saat hamil. Biasanya payudara kanan akan lebih besar daripada payudara kiri. Tapi kalau kamu merasa payudara kirimu lebih besar daripada yang kanan, maka berbahagialah buat kamu yang menanti bayi perempuan. Karena itu menandakan peluang kamu sedang mengandungan bayi perempuan. 

Selain itu, perhatikan pula areola atau lingkaran hitam pada payudara. Kalau warnanya lebih menghitam daripada sebelumnya, maka bisa jadi bayi dalam kandunganmu berjenis kelamin laki-laki. 
 

source: https://www.whattoexpect.com


 

5. Bentuk Perut

Bentuk perut yang membuncit selama hamil juga bisa memberitahumu apakah bayi dalam kandungan laki-laki atau perempuan lho, Moms. Caranya mudah, kalau bentuk perutmu bulat seperti bola basket maka bayimu mungkin laki-laki. Tapi, kalau bentuknya terlihat seperti buah semangka, maka bisa jadi itu perempuan. 
 

source: https://www.growingyourbaby.com


Nah, itu dia cara alami yang membantumu untuk menebak apakah bayi dalam kandunganmu laki-laki atau perempuan, Moms! Tanda-tanda di atas sebenarnya belum akurat 100 persen, tapi bisa mengarahkan kamu untuk mengetahui jenis kelamin si calon bayi. Selamat menebak  jenis kelamin si kecil ya!