1. Ikut Merasakan Makanan yang Ibu Makan

Saat kamu mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa tertentu, seperti manis, asin, asam, pedas dan sebagainya, maka jenis rasa itu akan mengubah rasa air ketuban. Misalnya kamu mengonsumsi makanan manis, maka bayi akan merasakan rasa manis itu. 
Oleh karena itu, banyak ahli yang berpendapat bahwa ada baiknya mengenalkan beragam rasa kepada bayi sejak masih dalam kandungan. Di awal minggu ke-15 kehamilan, biasanya bayi sudah menunjukkan preferensi rasa. Ia kemungkinan menelan air ketuban lebih banyak kalau rasanya manis, dan sedikit kalau rasanya pahit. 
 

source: https://www.netmums.com


 

baca juga

2. Membuka Mata

Meski indra penglihatannya belum berkembang sempurna dan belum melihat jelas, namun bayi sudah bisa membuka mata di usia kehamilan 28 minggu. Tidak banyak yang bisa dilihat bayi di trimester kedua ini, dan hanya bereaksi pada cahaya. Menurut beberapa peneliti bayi dalam kandungan cukup sensitif dengan cahaya sehingga akan berpaling dari sumber cahaya tersebut. 
 

source: https://www.babycenter.com



 

3. Buang Air Kecil

Mungkin banyak yang belum tahu, kalau ternyata bayi buang air kecil semasa dalam kandungan. Di akhir trimster pertama, bayi akan mulai menghasilkan urine. Cairan ketuban atau amnion ditelan, dicerna, disaring oleh ginjal dan buang air kecil dalam rahim. Proses ini dilakukan berulang hingga bayi lahir. 
 

source: https://www.boldsky.com


 

baca juga

4. Bernapas

Dalam rahim, terdapat tali pusat yang menyalurkan oksigen yang digunakan bayi untuk bernapas. Apabila terjadi sesuatu yang tidak normal pada tali pusar, misalnya terlepas, maka bayi tidak mendapatkan oksigen yang cukup, dan bisa membahayakan kondisinya. 
Meski bayi sudah bernapas sejak dalam kandungan, nama saat lahir sistem pernapasan bayi harus beradaptasi dengan kondisi di luar rahim. Karena itu ada baiknya sesuaikanlah suhu badan bayi dengan ruangan tempat bersalinan, demi melancarkan pernapasannya. 
 

source: http://www.timesfreepress.com


 

5. Tersenyum

Di usia sekitar 3 bulan setelah lahir, bayi akan menunjukkan kemampuan menakjubkannya yaitu tersenyum. Tapi, ternyata bayi sudah bisa tersenyum sejak dalam kandungan lho. Lewat USG 4D, tertangkap kalau bayi dapat menunjukkan senyuman di wajahnya di usia kehamilan 26 minggu. Wow!
 
source: https://www.youtube.com/watch?v=RVlVcsp-ed4


 

6. Cegukan

Pada trimester pertama mungkin kamu merasakan bayi diam dan tidak bergerak di dalam kandungan. Tapi ada kalanya bayi cegukan lho, Moms. Cegukan pada bayi biasanya dimulai di trimester pertama, tapi ada juga yang melakukannya di trimester kedua. 

 

source: http://intelligentmother.com


 

7. Menangis

Selain cegukan, bayi dalam kandungan juga bisa menangis. Tanda bahwa bayi menangis dapat dilihat lewat USG. Kalau bibir bayi bagian bawah terlihat seperti bergetar, maka itu pertanda ia sedang menangis. Jangan sedih ya, Moms, karena menangis merupakan tanda bahwa perkembangan bayi dalam keadaan normal. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan!
 

source: https://www.babydeedee.com/


 

8. Mendengar

Yuk, lebih banyak luangkan waktu mengobrol dan memperdengarkan musik untuk bayi dalam kandungan! Di usia sekitar 10 minggu indra pendengaran bayi sudah aktif mendengar suara ibu maupun ayahnya. Bayi juga mungkin akan merespon dengan gerakan, jika kamu mengajaknya berbicara. 
 

source: https://www.bellybelly.com.au/