Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik membuat wanita di luar sana tampil lebih percaya diri. Selain menggunakan mascara agar bulu mata terlihat panjang, biasanya juga menggunakan bulu mata palsu dengan bantuan lem perekat. Dengan bulu mata palsu, mata terlihat lebih hidup dan bulu mata terlihat lebat. Namun, terlalu sering menggunakan bulu mata palsu bisa berbahaya bagi mata, moms. Berikut di bawah ini dampak negatif karena terlalu sering menggunakan bulu mata palsu.

Iritasi atau Alergi

Menggunakan bulu mata palsu, tentu memerlukan lem untuk memasangnya. Sebagian orang bisa saja tidak cocok dengan lem bulu mata palsu. Ketidakcocokkan yang membuat area di sekitar mata menjadi gatal hingga kemerahan setelah pemakaian bulu mata palsu. Jika hal tersebut terjadi, segeralah periksa ke dokter sebelum iritasi semakin bertambah parah.

Iritasi atau Alergi
baca juga

Bulu Mata Asli Mengalami Kerontokan

Bulu mata asli bisa mengalami kerontokan karena melakukan tanam bulu mata, penggunaan mascara, dan salah satunya karena penggunaan bulu mata palsu. Saat proses melepas bulu mata palsu, bulu mata asli akan rentan mengalami kerontokkan terlebih jika cara melepasnya salah. Bahan kimia pada lem bulu mata juga tidak baik bagi kekuatan bulu mata asli. Maka dari itu, pastikan melepas bulu mata palsu dengan pelan dan benar, selain itu bersihkan makeup bagian mata dengan bersih.

Bulu Mata Asli Mengalami Kerontokan

Dermatitis

Dermatitis merupakan sebuah reaksi alergi yang disebabkan oleh bahan yang terkandung pada lem bulu mata palsu. Jika digunakan terlalu sering, bulu mata palsu dapat menekan folikel bulu mata asli sehingga bulu mata asli bisa rontok, bahkan yang lebih parahnya lagi tidak dapat tumbuh kembali. Jika moms mengalami tanda pada area mata yang gatal, kemerahan dan terasa perih, segera periksakan ke dokter, ya.

Dermatitis
baca juga

Infeksi

Penggunaan bulu mata palsu yang terlalu sering membuat mata menjadi lelah dan tegang. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bulu mata palsu yang moms gunakan rentan terkena debu atau kotoran. Maka dari itu, sering menggunakan bulu mata palsu bisa menjadi penyebab infeksi pada area mata seperti kelopak dan kornea mata. Mata bisa mengalami kemerahan, perih, hingga bengkak.

Infeksi

Kebutaan

Risiko yang lebih parah dari penggunaan bulu mata palsu yakni kebutaan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bulu mata bisa membuat mata mengalami infeksi, iritasi, dan dermatitis. Maka dari itu, sebaiknya hentikan pemakaian bulu mata palsu jika sudah mengalami tanda-tanda bahaya. Meski kebutaan karena pemakaian bulu mata palsu jarang terjadi, tidak ada salahnya untuk periksa ke dokter dan berhenti memakai bulu mata palsu.  

Kebutaan