Meski film ini adalah hasil dari produksi DC Cinematic Universe, rumah produksi yang juga melahirkan superhero seperti Batman, Superman, dan Wonder Woman. Namun Film Joker bukan untuk ditonton oleh anak-anak loh, moms. Kok bisa? Berikut alasannya!

1. Memiliki Rate 17+

Dilansir dari Haibunda, di Indonesia sendiri film Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Robert De Niro mendapat rating 17+. Artinya film Joker hanya boleh disaksikan oleh penonton berusia minimal 17 tahun. Jika moms memiliki anak dibawah usia tersebut sebaiknya tidak mengajak di kecil untuk menonton film ini. Kalaupun moms ingin memberikan toleransi, minimal hanya untuk anak usia 16 tahun ya!

4 Alasan Kenapa Film 'Joker' Bukan Untuk Ditonton Anak, Simak Ya Moms!
source: https://www.express.co.uk

2. Diberi Rating R

Pihak MPPA (Motion Picture Association of America) sendiri memberikan rating R untuk film Joker. Rating R memiliki arti Restricted (terbatas). MPPA sengaja memberi rating R karena film Joker sendiri memiliki nuansa yang kelam, Banyak adegan kekerasan, scene berdarah-darah yang kuat, perilaku yang mengganggu, serta bahasa yang tidak sesuai jika didengarkan oleh anak-anak. 

4 Alasan Kenapa Film 'Joker' Bukan Untuk Ditonton Anak, Simak Ya Moms!
source: https://www.rogerebert.com
baca juga

3. Apa yang harus moms katakan pada anak-anak jika mereka ingin menonton Joker?

Lantas apa yang harus moms katakan jika si kecil ngotot ingin menonton film Joker di bioskop? Mungkin anak-anak susah untuk menerima alasan ini namun moms tetap harus menjelaskan jika menonton film Joker tidak akan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk mereka. 

Apalagi sang sutradara dan Joaquin Phoenix memiliki tujuan yang berbeda dalam membuat film ini, yaitu untuk menjelaskan tentang sisi psikologis Joker yang menjurus depresi akibat gagal terus menerus. Dan tujuan ini tidak dapat dimengerti oleh anak-anak. Moms juga bisa memberi contoh film DC lain yang lebih cocok untuk anak-anak agar taraf berpikir mereka menjadi lebih positif, contohnya seperti film Shazam

4 Alasan Kenapa Film 'Joker' Bukan Untuk Ditonton Anak, Simak Ya Moms!
source: https://www.theverge.com

4. Kontroversi Joker yang Wajib Moms Tahu

Salah satu hal yang membuat film Joker menjadi kontroversi adalah tentang “apakah adegan-adegan dalam film ini akan memicu tindakan kekerasan pada anak-anak yang mudah terpengaruh?”

Memang ada beberapa adegan kekerasan yang dinilai oleh beberapa orang dibenarkan. Namun yang menjadi masalah adalah adegan kekerasan tersebut tidak disertai dengan alasan atau perasaan heroik layaknya film-film Superhero. 

4 Alasan Kenapa Film 'Joker' Bukan Untuk Ditonton Anak, Simak Ya Moms!
source: https://www.theverge.com

Adegan tersebut disertai dengan efek berdarah-darah yang dibingkai dengan perasaan putus asa dari seorang pria. Itulah mengapa film ini tidak dianjurkan ditonton anak-anak. Karena film ini dapat memberikan persepsi tentang “tindakan kekerasan” itu boleh dilakukan. 

Jadi moms, dengan berbagai pertimbangan tersebut alangkah baiknya tidak mengajak si kecil nonton film ini ya!