1. Rasa Mual

Beberapa wanita ada yang merasakan mual saat mengonsumsi Pil KB dengan tingkat ringan hingga sedang. Untuk mencegah rasa mual datang sebaiknya moms mengonsumsi Pil KB saat sebelum tidur malam. Selain itu moms juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang dapat menghilangkan rasa mual seperti bengkoang, strawberry, atau jus buah lainnya. 

source: http://todaymiddleware.mims.com

2. Kenaikan Berat Badan

Nah, efek samping ini yang paling ditakuti para wanita ketika mengonsumsi Pil KB secara rutin. Karena tidak dapat dipungkiri banyak wanita yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis ketika mengonsumsi Pil KB. Tapi Moms tidak perlu khawatir karena efek samping ini tidak akan berlangsung lama. 

source: https://healthyshakeoutlet.co.uk
baca juga

3. Perubahan Emosi

Efek samping lainnya ketika mengonsumsi Pil KB adalah terjadi perubahan emosi yang bermaam-macam pada setiap wanita. Sebagian wanita ada merasa sedih berlebihan dan ada juga yang mudah sekali marah. Hal tersebut dampaknya akan lebih besar jika ditambah dengan stres pekerjaan atu masalah psikologis lainnya. Sebaiknya Moms melakukan relaksasi seperti olahraga agar kondisi pikiran menjadi lebih fresh. 

source: https://pledgetalk.com

4. Sakit Kepala

Ketika pertama kali mengonsumsi Pil KB maka beberapa wanita biasanya akan mengalami pusing atau migrain. Selain itu penyebab lainnya adalah karena ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang dapat menimbulkan gejala sakit kepala. 

source: http://www.gadzooki.com
baca juga

5. Muncul Bercak Darah di Luar Masa Haid

Ketika mengonsumsi Pil KB moms akan mengalami menstruasi yang tidak teraktur dan akan muncul bercak-bercak darah di luara masa haid. Hal ini terjadi karena Pil KB akan meluruhkan dinding rahim untuk mencegah kehamilan, sehingga darah mudah keluar. Namun, tak perlu khawatri karena ini akan terjadi setidaknya hanya dalam jangka waktu tiga bulan. 

source: http://userfiles.steadyhealth.com