Apa Itu Susu Kefir

Kefir merupakan susu fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus. Dimana cara pembuatan susu ini dengan menambahkan butiran kefir ke dalam susu murni. Susu yang digunakan untuk membuatnya tidak hanya susu kambing atau domba, bisa juga menggunakan susu sapi. Asalkan susu murni bukan susu olahan. 

Apa Itu Susu Kefir

Butiran kefir dibuat dari asam laktat, ragi dan zat polisakarida. Susu kefir hampir mirip dengan yogurt berupa cairan kental dan memiliki rasa yang asam di lidah. Namun untuk memanfaatkannya memiliki perbedaan.

Kandungan Susu Kefir Untuk Kesehatan

Susu kefir yang merupakan susu fermentasi ini memiliki manfaat yang beragam moms. Terutama manfaat untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam cairan susu kefir ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Kandungan Susu Kefir Untuk Kesehatan

Adapun kandungan susu kefir yakni Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Selain itu terdapat nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, fosfor. Nah moms, yuk simak beberapa manfaat susu kefir untuk kesehatan yang perlu kamu coba moms. Untuk mengkonsumsinya pun midah moms, seperti susu sapi biasa. Yuk simak baik-baik yaa!

baca juga

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kandungan asam laktat pada susu kefir bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh kamu moms. Adapun salah satunya yakni mampu meredam gejala alergi bagi kamu yang memiliki alergi tertentu moms. Seperti alergi pada kacang yang mengandung zat aflatoksin. Zat tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh seperti mengurangi daya tahan tubuh.

Nah moms, Jika mengonsumsi susu kefir, asam laktat pada susu kefir dapat melawan zat aflatoksin tersebut. Sehingga tubuh akan aman dari racun yang membahayakan. 

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Tingkatkan Kepadatan Tulang

Kandungan butiran kefir dapat meningkatkan penyerapan mineral tulang, kalsium, dan magnesium dan zat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang termasuk fosfor, vitamin D, dan vitamin K2. Selain itu, disebutkan menurut penelitian yang diterbitkan pada jurnal osteoporosis Internasional menemukan, dengan mengkonsumsi susu kefir setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang dan efektif menghindari gejala osteoporosis. 

Tingkatkan Kepadatan Tulang
baca juga

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan probiotik dalam susu kefir sangat tinggi moms. Sehingga dapat membantu meningjatkan antibodi dalam tubuh. Bahkan ada penelitian mengatakan bahwa jika tubuh kamu mulai kekurangan daya tahan, maka mengkonsumsi susu kefir lebih efektif daripada mengonsumsi kapsul antibiotik. Tentunya lebih aman dari bahan kimia ya moms.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh