Mengonsumsi makanan mentah seperti daging ikan diketahui sudah menjadi gaya hidup orang Jepang. Namun, beberapa orang Indonesia mulai menyukai mengonsumsi daging ikan mentah. Terlebih lagi makan ikan mentah memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dikonsumsi dengan cara digoreng atau dibakar. Berikut di bawah ini manfaat ikan mentah dan tips mengonsumsinya agar tidak mengalami masalah kesehatan.

Nutrisi Tetap Terjaga

Ikan mengandung nutrisi yang melimpah seperti protein, mineral, asam lemak omega-3, vitamin D dan B. Kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh, otak, tulang, dan lain-lain. Sementara kandungan vitamin sendiri menjadi zat yang mudah larut ketika melalui proses pemanasan saat dimasak dengan direbus, terlebih jika digoreng dan dipanggang.

Memasak dengan proses menggoreng dan memanggang bisa menambahkan zat karsinogenik yang memicu kanker. Jika moms mengonsumsi daging ikan mentah alias tidak melalui proses dimasak, nutrisi di dalam ikan tetap terjaga dan tentu baik untuk kesehatan otak, tulang, serta menuruni risiko masalah kesehatan jantung dan risiko terkena Alzheimer.  

Nutrisi Tetap Terjaga
baca juga

Mengurangi Risiko Demensia

Demensia merupakan suatu kondisi daya ingat mulai menurun. Beberapa jenis penyakit demensia antara lain penyakit Alzheimer dan demensia vascular. Alzheimer sendiri disebabkan karena faktor genetik dan perubahan kandungan protein dalam otak yang menyebabkan rusaknya sel saraf otak. Sementara demesia vascular disebabkan oleh gangguan pembuluh darah otak dan mengalami stroke berulang.

Mengonsumsi ikan mentah bisa membantu mengurangi risiko demensia, karena kandungan di dalam ikan mentah mampu mengalirkan darah ke otak. Selain itu bisa mencegah terjadinya kerusakan kognitif yang biasa dialami pada usia lanjut.

Mengurangi Risiko Demensia

Bisa Menjadi Menu Diet

Diet dengan mengonsumsi makanan mentah memang sangat membantu. Menghindari makanan yang digoreng atau dibakar membuat proses diet makin lancar. Selain mengonsumsi sayuran mentah, moms perlu nutrisi lain yang akan membuat tubuh tetap sehat. Saat diet moms masih bisa mengonsumsi daging, salah satunya daging ikan yang mentah. Daging ikan mentah bisa menjadi menu diet. Ikan sendiri rendah kalori yang cocok bagi siapapun yang sedang diet. Rasanya pun tak kalah segar, sehingga menu diet tetap aman.

Bisa Menjadi Menu Diet
baca juga

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Ikan mentah mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 berguna menjaga sistem kardiovaskular. Manfaat ini bisa kamu dapatkan pada daging ikan salmon dan tuna mentah.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Tips Mengonsumsi Ikan Mentah

Meski memiliki banyak manfaat dan kaya nutrisi, makanan mentah bisa berdampak buruk pada kesehatan seperti mengalami keracunan hingga diare jika diolah dengan cara yang tidak tepat karena terdapat parasit. Maka dari itu, pilihlah daging ikan yang segar yang telah dibekukan. Ikan yang dibekukan akan menghentikan pertumbuhan parasite. Selain dibekukan, makan ikan mentah dengan wasabi juga dapat membunuh parasit.

Pastikan juga ikan mentah yang diolah sudah dicuci hingga bersih dengan menggunakan air garam dan air perasan lemon, bau amis pun akan hilang. Daging ikan salmon dan tuna menjadi ikan yang paling banyak mengandung manfaat bagi tubuh, tetapi tetap saja jangan terlalu sering mengonsumsi daging ikan mentah ya, moms.

Tips Mengonsumsi Ikan Mentah