Kerupuk memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Hal tersebut yang membuat banyak orang menyukai kerupuk sebagai teman makan, baik makanan berat maupun makanan ringan. Kerupuk bahkan sering dijadikan camilan. Meski nikmat, ternyata kerupuk memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan, moms.

Tekanan Darah Tinggi

Garam yang menjadi bahan pembuatan kerupuk tentu tidaklah sedikit jumlahnya. Jumlah garam yang berlebihan itulah yang membuat rasa pada kerupuk menjadi gurih, sekaligus menjadi pemicu kadar natrium pada kerupuk makin meningkat. Sementara salah satu faktor yang menyebabkan moms mengalami tekanan darah tinggi yakni terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya. Agar tidak mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi memakan kerupuk, ya, moms.

Tekanan Darah Tinggi
baca juga

Merusak Otak

Kerupuk yang moms temui di luar sana tidak hanya kerupuk berwarna putih, tetapi ada banyak kerupuk yang diberikan tambahan warna. Zat kimia berupa warna atau bahan pengawet tentu sangat berbahaya bagi kesehatan otak dan pusat koordinasi tubuh. Otak yang mengalami kerusakan akan berdampak pula bagi organ tubuh lainnya dan menyebabkan penyakit lain.

Merusak Otak

Gagal Ginjal

Kerupuk mengandung zat polyvinyl chloride. Selain merusak otak dan pusat koordinasi tubuh, mengonsumsi kerupuk terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena penyakit gagal ginjal. Sementara ginjal memiliki fungsi membuang racun atau detoksifikasi tubuh. Ginjal akan kesulitan mencerna zat yang berat yang terkandung di dalam kerupuk, sehingga sistem ginjal akan rusak, hingga mengakibatkan gagal ginjal.

Gagal Ginjal
baca juga

Resiko Obesitas

kerupuk memiliki kandungan minyak yang tinggi karena proses pengolahannya dengan cara digoreng. Hal tersebut yang membuat kerupuk memiliki tekstur yang renyah. Namun, kandungan minyak yang tinggi bisa meningkatkan risiko terkena obesitas. Jumlah kalori dan lemak yang tinggi yang membuat moms harus mengurangi konsumsi kerupuk.

Resiko Obesitas

Memicu Kanker

Tak banyak yang tahu, kerupuk berwarna bisa memicu kanker karena mengandung zat pewarna buatan yang bersifat karsinogen. Terkena kanker karena kerupuk bisa menjadi efek jangka panjang yang tidak bisa langsung dirasakan dalam waktu dekat, sehingga mulailah berhenti mengkonsumsi kerupuk, moms.

Memicu Kanker