Kedatangan Ruben dan Sarwendah di tanah kelahiran Betrand Peto

Presenter Ruben Onsu beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 5 Oktober 2019 berkunjung ke Pinggong Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, tanah kelahiran Betrand Peto. Di sana, Ruben Onsu dan Sarwendah menjalani prosesi upacara adat untuk mengangkat Betrand Peto sebagai anak sah nya. Beberapa rangkaian acara pun dijalani Ruben Onsu dan Sarwendah.

Betrand Peto Sah Jadi Anak Angkat Ruben Onsu dan Sarwendah, Intip Proses Adatnya Yuk!
source: https://www.grid.id/amp/041877083/jalani-upacara-adat-di-manggarai-ntt-ruben-onsu-dan-sarwendah-siapkan-2-koper-besar-berisi-oleh-oleh-untuk-keluarga-besar-betrand-peto

Air mata penyanyi Sahabat Kecil itu tumpah ketika ketemu dengan ibu kandungnya. Upacara ini juga disaksikan oleh beberapa orang termasuk sesepuh atau tokoh adat. 

Dikutip dari insertlive, "Rasa bahagia semua campur aduk yang kita rasakan bersama Wendah pastinya. Karena hari besar dan segala porses sudah kami tunggu banget. Itu yang saya rasakan bersama istri," ujar Ruben Onsu.

Alasan Ruben Onsu memilih tanggal 5 untuk melakukan upacara adat pada Betrand Peto

Bukan tanpa alasan pemilik restoran ayam geprek tersebut memilih tanggal 5 Oktober 2019 menjadi hari upacara adat pengangkatan Betrand Peto menjadi putranya.

Betrand Peto Sah Jadi Anak Angkat Ruben Onsu dan Sarwendah, Intip Proses Adatnya Yuk!
source: https://amp.matamata.com/life/2019/10/08/153000/cepet-akrab-intip-momen-manis-sarwendah-bareng-betrand-peto-dan-saudara

Ruben mengatakan tanggal 5 merupakan tanggal kelahiran kdeua putrinya. 

"Tanggal baik, hari baik dan semua ada perhitungannya. Sama kaya semua anak saya lahir di tanggal 5, Thalia, Thania tanggal 5, Betrand pun tanggal 5, kemarin tanggal 5 juga berangkatnya," kata Ruben.

baca juga

Proses adat pengangkatan Betrand menjadi anak angkat Ruben dan Sarwendah

Dalam prosesi adat tersebut, ayah Thalia mengungkapkan dia harus berjalan sepanjang 50 meter sambil menjalani ritual-ritual, hingga disambut oleh kepala desa di sana. Lalu masuk ke dalam rumah dan proses tersebut berlangsung sangat sakral. Saat dalam rumah tersebut, Bertrand dipisahkan dari Ruben dan Sarwendah.

Betrand Peto Sah Jadi Anak Angkat Ruben Onsu dan Sarwendah, Intip Proses Adatnya Yuk!

Betrand berada di suatu ruangan untuk mendapatkan nasihat dan petuah dari kedua orangtuanya. Betrand diberikan sebuah bacaan khusus di mana roh Betrand tidak boleh keluar, tetap ada di sana. Hanya dipercayakan untuk bisa dibesarkan oleh Ruben dan Wendah.

Setelah mendapat nasihat dan petuah dari kedua orangtuanya, Betrand baru bertemu dengan Ruben. Mereka sempat diolesi darah ayam sebagai salah satu ritual. 

Dari beberapa foto yang dibagikan Ruben Onsu di akun Instagramnya, mereka disambut meriah oleh warga, keluarga dan para penggemarnya. Di sepanjang jalan terlihat ramai, dan disambut dengan tarian. 

Betrand Peto Sah Jadi Anak Angkat Ruben Onsu dan Sarwendah, Intip Proses Adatnya Yuk!
source: https://m.tribunnews.com/amp/seleb/2019/08/30/ruben-onsu-dan-sarwendah-harus-putar-otak-saat-foto-bareng-betrand-peto-dan-pahami-bahasanya

Hingga pada prosesi terakhir, Betrand Peto digendong ayahnya, dan diserahkan pada keluarga barunya, Ruben Onsu dan Sarwendah. Seperti kedua putrinya, Thalia dan Thania nama anak pertama Ruben itu kini bernama Bertrand Peto Putra Onsu.