Manfaat Masker Kefir Untuk Kecantikan

Memilih bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan kini semakin banyak diminati. Hal ini disebabkan karena efek samping dari bahan alami tidak seberat bahan kimia yang telah banyak terjadi. Salah satu bahan alami yang baik digunakan untuk masker yakni seperti susu kefir yang diolah menjadi masker kefir.

Manfaat Masker Kefir Untuk Kecantikan

Susu kefir yang merupakan fermentasi dari susu sapi atau kambing ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita moms. Selain memberikan efek baik bagi kesehatan, susu kefir juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan dapat digunakan sebagai masker moms. Nah, agar lebih memahami manfaat lain dari susu kefir. moms simak baik-baik keterangan dibawah ini ya moms!

Sebagai Anti Aging

Sebagai produk olahan susu yang jarang diketahui, susu kefir bisa digunakan sebagai masker anti aging. Tentunya bisa dimanfaatkan untuk usia 25 ke atas, untuk menjaga elastisitas wajah kamu moms. Endapan dari susu kefir mengandung asam laktat, asam amino, dan juga Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang banyak terkandung dalam produk-produk kecantikan. Selain itu, masker kefir juga bisa merangsang produksi kolagen dalam kulit yang tentunya juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Sehingga dapat menjadi formula anti aging moms. 

Sebagai Anti Aging
baca juga

Sebagai Anti Inflamasi

Masker kefir mengandung senyawa polisakarida yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit wajah. Umumnya peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang menempel pada wajah. Salah satu contoh yang sangat sering terjadi adalah timbulnya jerawat yang menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Sebagai Anti Inflamasi
source: https://wolipop.detik.com/

Nah moms, menggunakan masker kefir sangat membantu untuk mengatasi peradangan pada jerawat. Sehingga kemudian akan membaik dan hilang. 

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat lain dari susu kefir adalah mampu mempercepat sel kulit meregenerasi jaringan kulit. Hal ini disebabkan karena masker kefir mengandung senyawa asam laktat yang tinggi. Semakin lama proses fermentasi pada susu kefir, maka akan semakin tinggi kandungan asam laktat, asam asetat, dan juga polisakarida di dalamnya. Dimana kandungan tersebut mampu membantu untuk mempercepat sembuhnya luka. Jadi jika kulitmu terluka, segeralah menggunakan masker kefir ini moms!

Mempercepat Penyembuhan Luka
baca juga

Menangkal Bakteri dan Jamur

Selain mempercepat sembuhnya luka, masker kefir juga mengandung antimikroba yang mampu menangkal bakteri dan jamur yang menyerang kulit. Tingkat keasaman dalam kefir mampu menangkal pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Menangkal Bakteri dan Jamur

Adapun tingkat keasaman kefir biasanya juga ditentukan oleh lamanya proses fermentasi. Semakin asam maka semakin meningkat kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroba. 

Cara Membuat Masker Kefir

  1. Siapkan 1 liter susu kambing atau sapi murni yang sudah dipasteurisasi dan juga 50 gram bibit kefir yang bisa didapatkan di pasar atau toko online.
  2. Campurkan susu dan bibit kefir di dalam sebuah toples kaca, lalu aduk hingga rata dan menyatu. Setelah itu, tutup toples dengan kain dan tinggalkan toples tersebut di ruangan gelap selama 24-48 jam atau 1-2 hari 2 malam.
Cara Membuat Masker Kefir
3. Setelah proses fermentasi terjadi, susu akan terbagi menjadi curd (cairan kental) di bagian atas dan whey (cairan bening) dibagian bawah. Saring susu menggunakan kain tipis untuk memisahkan antara whey dan curd.

4. Setelah terpisah, curd atau bagian cairan yang lebih kental adalah bagian yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Pisahkan curd  dari bibit kefir yang masih tersisa, baru kemudian moms bisa menggunakannya sebagai masker. Sedangkan cairan whey-nya bisa kamu konsumsi untuk diminum.