Zumba merupakan salah satu olahraga yang sangat menarik untuk dicoba. Dengan memadukan gerakan tari dan musik yang bernada semangat, olahraga ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga stamina tubuh dan menghilangkan stress. 

Moms yang baru melahirkan pasti ingin bentuk tubuhnya kembali seperti semula sebelum hamil. Olahraga zumba bisa jadi alternatif yang menarik untuk mengurangi berat badan sekaligus menggeluti gaya hidup sehat. Tapi, kapankah waktu yang aman untuk melakukan olahraga zumba setelah melahirkan? 

Bolehkah Olahraga Zumba Pasca Melahirkan? Cari Tahu Waktu Amannya, Yuk!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRM_gOzQLZ0jngvsNc8lbdoQEkHPJfDLsa9twLtZW-3AW66hnQr

Melansir dari Haibunda, Nadya Putriani seorang instruktur zumba mengatakan bahwa Moms dapat melakukan olahraga zumba setelah 40 hari pasca melahirkan normal. Namun, gerakan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh pasca melahirkan. Bagi Moms yang sudah sering melakukan olahraga zumba sebelum dan selama hamil, biasanya bisa melakukan olahraga zumba dengan gerakan intensitas tinggi, tapi ada juga yabg tidak sanggup melakukannya, tergantung dengan kondisi kesehatan pasca melahirkan.

Jika Moms melahirkan dengan cara caesar, olahraga zumba amannya dilakukan dua atau tiga bulan pasca melahirkan. Pasalnya, harus dilihat terlebih dahulu belas jahitan, kekuaran otot, dan adakah risiko pendarahan pasca melahirkan, begitu tutur Nadya.

Bolehkah Olahraga Zumba Pasca Melahirkan? Cari Tahu Waktu Amannya, Yuk!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQf7YnMr9uPEw7VLL8Ctifvk1rCTcGY7sCpM7wLUFCDfPaIZQ_t

Olahraga pasca melahirkan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan dimulai dari kegiatan olahraga ringan terlebih dahulu. Jika merasa belum sanggup untuk melakukan olahraga zumba pasca melahirkan normal ataupun caesar, Moms bisa memulai kembali olahraga dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti:

  • Yoga
  • Jogging
  • Jalan cepat
  • Berjalan kaki
  • Sepeda statis
  • Berenang
  • Sit up
  • Dll
Jika terjadi hal-hal yang tidak wajar sesaat setelah Moms kembali berolaraga seperti nyeri, kehilangan kesadaran, pendarahan, dan lain-lain, segera hentikan kegiatan olahraga dan konsultasikan dengan dokter.