Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome (CTS)?

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal dapat menyebabkan tangan menjadi terasa tidak nyaman karena adanya saraf yang terjepit atau tertekan sehingga menyebabkan terjadinya rasa kesemutan, nyeri, bengkak, dan lain-lain. 

Lorong karpal merupakan suatu lorong yang dibentuk oleh tulang dan jaringan penghubung antar tulang. Dalam lorong karpal tersebut terdapat saraf yang bernama saraf median yang fungsinya untuk mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan. Saat saraf median terjepit oleh jaringan yang terdapat di sekelilingnya, saat itu juga terjadi rasa sakit dan tidak nyaman pada tangan yang dinamakan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Tangan Bengkak Saat Hamil? Kenali Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
source: https://i0.wp.com/megsmenopause.com/wp-content/uploads/2018/09/49C0AD81-01FB-421C-AB6E-BF512D840A3C.jpg?fit=1000%2C667&quality=95&ssl=1

Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Seperti telah disebutkan sebelumnya, penderita CTS akan mengalami gangguan pada tangan dan jari antara lain merasa kesemutan, nyeri, sakit seperti terbakar, tangan dan jari seperti mati rasa, bengkak, dan keluhan lainnya pada keseluruhan bagian tangan. Otot tangan juga dapat melemah akibat terserang CTS. Gejala ini dapat hilang namun bisa juga timbul kembali.

Tangan Bengkak Saat Hamil? Kenali Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
source: https://disabilitycreditconsultants.ca/wp-content/uploads/2017/05/Fused-Wrist-Disability-Tax-Credit.jpg
baca juga

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Pada Ibu Hamil

CTS bisa terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil. Dilansir dari Haibunda, salah satu penyebab terjadinya CTS pada ibu hamil yaitu karena terjadi penumpukan cairan pada pergelangan tangan sehingga menyebabkan terjepitnya saraf median pada lorong karpal. Kelebihan berat badan saat hamil juga dapat menimbulkan gejala CTS pada ibu.

Jika Moms mengalami CTS saat hamil, kemungkinan pada kehamilan-kehamilan berikutnya, akan kembali mengalaminya. CTS biasanya dialami pada pagi hari, karena pada malam hari tangan biasa tertekan saat sedang tidur. 

Tangan Bengkak Saat Hamil? Kenali Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSeQa3rf_2DE7ucgfTyWCblFOyxdIhQZOSdR2a5cBMt8fpwfVw5

Demikian beberapa informasi mengenai Carpal Tunnel Syndrome saat hamil. Semoga bermanfaat Moms!