1. Baik untuk Lingkungan dan Kesehatan

Menjalani gaya hidup zero waste akan membuatmu lebih peka dalam menggunakan dan mengonsumsi produk kebutuhan sehari-hari. Yang pasti, Mommy akan menghindari makanan kemasan dan memilih makan makanan dalam bentuk segar untuk menghindari adanya sampah dari makanan-makanan siap saji. Selain itu, penggunaan menstrual cup, pembalut kain, dan popok kain tidak hanya mengurangi produksi sampah, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit dan organ kewanitaan.

Banyak Untungnya! Ini Manfaat Terapkan Gaya Hidup 'Zero Waste' Dalam Keluarga
source: https://bodyhonour.ca/


2. Melatih Konsistensi dan Kemampuan Berencana

Memiliki gaya hidup zero waste akan membuatmu melatih konsistensi untuk tidak lagi menggunakan barang-barang atau produk yang bisa menambah sampah atau limbah rumah tangga. Untuk mencapai konsistensi tersebut, Mommy juga harus bisa melakukan perencanaan yang matang tentang penggunaan barang dan pemilihan bahan makanan harian. Tentu semuanya harus tidak menciptakan sampah atau limbah.

Banyak Untungnya! Ini Manfaat Terapkan Gaya Hidup 'Zero Waste' Dalam Keluarga
source: https://www.mothermag.com/
baca juga


3. Meningkatkan Kreativitas dan Finansial

Saat seseorang ingin menjalani gaya hidup zero waste, mereka tentu perlu mempertimbangkan bagaimana caranya mengubah sampah-sampah yang tidak terhindarkan menjadi bermanfaat dan tidak merusak lingkungan. Mekanisme reuse dan recycle tentu akan mempertajam kreativitasmu dalam mengolah sampah menjadi produk yang bermanfaat. Selain itu, program bank sampah yang sudah bergerak cukup baik di Indonesia dapat membuat sampah rumah tangga menjadi peluang pendapatan tambahan yang lumayan, lho!

Banyak Untungnya! Ini Manfaat Terapkan Gaya Hidup 'Zero Waste' Dalam Keluarga
source: https://zerowasteswitzerland.ch/


4. Membentuk Karakter yang Bertanggung Jawab dan Peka Lingkungan

Banyak Untungnya! Ini Manfaat Terapkan Gaya Hidup 'Zero Waste' Dalam Keluarga
source: https://kawarthanow.com/

Jangan sampai penerapan gaya hidup zero waste ini tidak Mommy sampaikan pada si kecil. Pastikan anak-anak juga paham tentang mengapa gaya hidup ini perlu dilakukan. Dengan mendidik anak untuk menjalani gaya hidup zero waste, Mommy juga menanamkan pendidikan karakter yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan. Mereka akan mampu berpikir beberapa kali sebelum melakukan tindakan karena mempertimbangkan dampak dari apa yang dilakukannya.

Jadi, jangan ragu untuk menerapkan gaya hidup zero waste, ya! Meskipun akan terasa berat di awal, gaya hidup ini akan memberikan dampak yang bermanfaat bagi dirimu dan seluruh anggota keluarga.