1. Menggunakan Perhitungan Kalender

Cara pertama untuk menunda kehamilan yang mudah adalah dengan menggunakan perhitungan kalender atau biasa disebut 'KB kalender'. Cara ini cukup ampuh untuk moms dan suami menunda terjadinya kehamilan. Caranya adalah dengan menghitung awal dan akhir masa menstruasi. Jika siklus haid moms 28 sampai 30 hari, maka masa subur akan terjadi di hari ke sebelas hingga hari ke delapan belas setelah haid terkahir. Nah, moms jangan melakukan hubungan sex di masa subur tersebut. 

Nggak Perlu KB, 4 Cara Alami ini Dapat Menunda Kehamilan
source: http://www.wishingbaby.com

2. Ejakulasi di Luar Vagina

Jika Moms dan suami sudah sepakat untuk menunda kehamilan maka cara alami yang satu ini cukup membantu. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi akan meminimalisir terjadinya kehamilan. Sebaiknya suami harus mengetahui dan mempersiapkan ketika ejakulasi terjadi agar tidak terlanjur keluar di dalam vagina. Sebaiknya siapkan tisu basah atau lap lainnya untuk menjaga kebersihan ruangan kamar. 

Nggak Perlu KB, 4 Cara Alami ini Dapat Menunda Kehamilan
source: http://www.loverelationshipproblemsolution.com
baca juga

3. Jongkok Setelah Berhubungan 

Cara alami lainnya untuk menunda kehamilan adalah dengan berjongkok ketika Moms dan suami selesai berhubungan. Metode ini untuk mencegah sperma masuk ke indung telur, dimana dapat terjadi kehamilan. Setelah suami ejakulasi sebaiknya Moms segera bergegas untuk berjongkok agar cairan sperma keluar melalui vagina. 

Nggak Perlu KB, 4 Cara Alami ini Dapat Menunda Kehamilan
source: http://www.empowher.com

4. Mengetahui Jenis Lendir Serviks

Metode alami untuk menunda kehamilan yang satu ini memang membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Moms harus mengecek sendiri jenis lendir serviks pada vagina sebelum berhubungan seks. Cara adalah dengan meraba dinding vagina menggunakan jari lalu cermati lendir serviks moms. Jika lendir serviks bening dan encer maka ovulasi belum terjadi. Namun jika cairan sangat kental dan ditarik tidak terputus, maka moms sedang dalam masa subur (ovulasi). 

Nggak Perlu KB, 4 Cara Alami ini Dapat Menunda Kehamilan
source: http://www.viforaldrar.se