Gerakan Pertama Bayi

Selalu ada yang namanya momen pertama kali. Nah, gerakan pertama kali bayi dalam kandungan atau quickening biasanya ibu rasakan di minggu 18 sampai 20 kehamilan. Namun, ada beberapa ibu yang merasakan lewat dari waktu tersebut.

Jauh sebelum itu ternyata bayi sudah mulai begerak lho, hanya saja kamu tidak menyadari bahwa hentakan-hentakan kecil yang terjadi di perut, merupakan pergerakan bayi. 
 

Gerakan Pertama Bayi
source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

Apa Saja Gerakan-Gerakan yang Dilakukan Bayi?

Buat kamu yang merasa penasaran apa saja gerakan yang dilakukan bayi, maka kamu bisa melihatnya dengan lebih jelas lewat pemeriksaan USG. USG akan memperlihatkan lebih detail gerakan bayi dalam kandungan. Apa saja? 

  • Bayi kadang melakukan gerakan-gerakan kecil misalnya merubah posisi tubuhnya dengan membungkuk. Biasanya ini terjadi di usia kehamilan 7 sampai 8 minggu. 
  • Bayi kadang cegukan, menggerakkan lengan kecil dan kakinya serta mengisap dan menelan di usia 9 minggu kehamilan. 
  • Di usia ke 10 minggu, bayi menggerakkan kepalanya, mengangkat tangan seolah akan menyentuh wajah dan membuka rahangnya. 
  • Bayi mulai melakukan gerakan seperti menguap di usia 12 minggu. 
  • Pada minggu ke-14, bayi akan mulai menggerakkan matanya dan minggu selanjutnya, yakni minggu ke-15 bayi dapat mengisap jempolnya sendiri. 

 
Apa Saja Gerakan-Gerakan yang Dilakukan Bayi?
source: https://www.huggies.com.au


Ibu akan merasakan gerakan bayi ini secara bertahap, dimulai dengan hentakan yang sangat lembut, bahkan terasa seperti sensais udara yang bergerak, lalu lama-kelamaan gerakan itu menjadi lebih kuat.

Perlu diketahui kalau bayi tidak akan terus bergerak dan ada waktu di mana ia diam dan beristirahat. Jadi, jangan khawatir kalau dalam beberapa saat kamu tidak merasakan si calon buah hatimu bergerak ya, Moms! Menjelang detik-detik kelahiran, rentang waktu bayi diam dan tidak bergerak mungkin akan lebih lama. Kadang kamu tidak merasakan pergerakannya selama 20 menit hingga lebih dari sejam. 

 

Berapa Kali Bayi Bergerak atau Menendang Dalam Sehari?

Hmm, sebenarnya enggak ada hitungan mengenai jumlah gerakan atau tendangan yang dilakukan bayi dalam satu hari. Hanya saja, kamu bisa merasakan pola gerakan bayi. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka kamu bisa mengetahui ritme gerakan bayi, kapan waktu-waktu ia diam dan kapan aktif bergerak. 
 

Berapa Kali Bayi Bergerak atau Menendang Dalam Sehari?
source: http://pregnancyandbaby.com

Gimana Moms, sudah enggak sabar menunggu sensasi si kecil bergerak-gerak dalam rahimmu? Gerakan bayi dalam perut pertama kali akan membuatmu merasa excited dan bahagia, dan membuatmu tidak sabar menuggu gerakan-gerakan selanjutnya.