Es batu yang terbuat dari air matang terlihat bening

Dilansir dari HaiBunda, es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat bening. Dan ketika es batu ini dimasukkan ke dalam air, terlihat menghilang di dalam air. Dr. Boy mengatakan "Es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat bening karena air tersebut dapat mengikat molekul udara. Pada saat proses perebusan, molekul udara pada air akan keluar sehingga pada saat proses pembekuan akan terlihat lebih bening".

Jadi, proses perebusan air matang tersebut menguapkan molekul udara yang ada dan membuat es batu yang terbuat dari air matang menjadi bening.

Es batu yang terbuat dari air matang terlihat bening
source: http://www.shutterstock.com

Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat keruh

Sedangkan es batu yang terbuat dari air mentah terlihat lebih keruh, atau ada warna putih pada bagian tengah atau keseluruhan es batu. Es batu dari air mentah ini bila dimasukkan ke dalam air, akan terlihat jelas.

Menurut Dr. Boy, "Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat lebih jelas ketika dimasukkan ke dalam air karena molekul udaranya masih menumpuk di dalam air tersebut". Juga karena tidak ada aktivitas perebusan pada air tersebut, bakteri yang terdapat di dalam air mentah tidak mati.

Es batu yang terbuat dari air mentah terlihat keruh
source: http://www.scienceabc.com
baca juga

Bahaya Es Batu dari air mentah

Umumnya, Moms dapat menikmati minuman dingin dari warung ataupun restoran. Sebagian restoran sudah mensuplai es batu dari pabrik es batu yang terpercaya, seperti es kristal, atau es batu yang berbentuk pipa bolong. Namun tidak sedikit juga, membeli es batu dari pabrik es ataupun pedagang yang tidak bagus pembuatannya. Apabila es batu yang dikonsumsi terbuat dari air mentah ataupun tidak bagus pembuatannya, dapat berakibat buruk bagi kesehatan. 

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, "Adanya Patogen (bakteri atau bahan lain yang menjadi sumber penyakit) dalam es batu yang dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan gangguan saluran cerna".

Gangguan saluran cerna ini antara lain nyeri perut, mual, muntah, diare, demam dan lain sebagainya. Gangguan saluran cerna ini bisa menyerang anak kecil hingga orang dewasa, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Bahaya Es Batu dari air mentah
source: http://www.magazines.uthsea.edu
baca juga

Tips Mengonsumsi Es Batu

Akan lebih baik bila membuat es batu sendiri di rumah dengan air matang yang sudah disediakan. Namun, apabila Moms sedang pergi keluar dan makan di warung atau restoran, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati. Apabila reputasi restorannya bagus atau supplier es batunya sudah jelas, Moms bisa memesan minuman dingin di sana.

Namun, apabila restorannya terlihat meragukan, dan es batu terlihat keruh, ada baiknya tidak memesan minuman tersebut. Adapun, Moms bisa memesan minuman kemasan yang sudah dingin dari Chiller/Kulkas.
Tips Mengonsumsi Es Batu
source: http://www.mrcoffee.com

Nah, itu dia perbedaan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang. Tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati demi kesehatan, ya, Moms. Semoga artikel ini membantu, ya!