1. Ayo Ajak Bayi Bicara Setiap Hari!

Ayo, bicara dengan bayi setiap hari, Moms. Kamu bisa memulainya beberapa waktu setelah ia lahir. Meski bayi belum memahami hal-hal yang kamu ucapkan, tapi jangan berhenti mengajaknya untuk bicara setiap hari. Ketika berbicara kepadanya, lakukan kontak mata dan biarkan ia balik melihat wajahmu. 

Bicaralah kepada bayi kapan saja, misalnya saat menggendongnya, mengganti popok, menyusuinya, memandikannya, saat jalan-jalan dan sebagainya. Gunakanlah gaya bahasa yang kamu gunakan sehari-sehari, seperti saat mengobrol dengan orang dewasa. Tak usah khawatir kehabisan topik. Katakan apa saja yang ada di pikiranmu, misalnya kegiatan di hari itu, rencana-rencanamu, maupun hal-hal lain yang kamu temukan di sekitar.

Jika kamu rutin mengajak berbicara sedari kecil, maka ia akan terbiasa mendengar kata dan kalimat. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi akan mulai meresponmu. 
 

1. Ayo Ajak Bayi Bicara Setiap Hari!
source: https://www.pinterest.co.uk


 

baca juga

2. Nyanyikan Lagu Untuknya

Kamu merasa suaramu jelek? Hmm... tak masalah, Moms! Tetaplah menyanyikan lagu untuk si kecil, kapanpun dan dimanapun. Saat mengajaknya tidur, saat menggendong, bahkan saat mandi. Kamu bisa memilih lagu-lagu yang mudah dan menyenangkan, misalnya lagu Nina Bobo atau Pelangi. Lakukan secara rutin dan bayi lama kelamaan akan terbiasa. Perlahan dia akan berusaha mencoba mengikuti Moms bernyanyi. 

Selain bisa membantu bayi dalam melatihnya berbicara, menyanyikan lagu untuknya juga bisa membuat bayi merasa nyaman dan rileks. Pilihlah satu judul lagu dan nyanyikan berulang kali untuknya terutama saat bayi rewel. Dengan begitu bayi akan terbiasa dengan lagu itu, dan membantunya merasa nyaman tiap kali mendengarnya. 

2. Nyanyikan Lagu Untuknya
source: http://www.indialivetoday.com



 

3. Bacakan Buku

Mengajari bayi bicara juga bisa kamu lakukan lewat buku. Ayo, bacakan buku kepada anak setiap hari. Pilihkan buku yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan warna-warna cerah, agar ia makin tertarik. Dijamin si bayi akan suka mendengar suaramu dan penasaran dengan gambar-gambar yang ada di buku. Kebiasaan membaca bukunya pun akan terpelihara hingga ia beranjak besar. 
 

3. Bacakan Buku
source: http://integratedlistening.com


 

baca juga

4. Jadilah Kreatif dengan Memperkenalkan Benda di Sekitar

Moms, jangan kehabisan ide untuk mengajari bayi bicara, karena ada banyak sekali cara-cara kreatif yang biasa kamu lakukan. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini. Pertama, ajak bayi untuk mengenal benda-benda sekitarnya, misalnya nama hewan, nama buah, panggilan untuk Mama, Papa, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, dan benda-benda lain seperti bola, kursi, meja dan sebagainya. 

Selain itu, ajari ia mengenal sebutan untuk anggota tubuh, misalnya kepala, mata, hidung, tangan, kaki dan lainnya. Apapun benda yang kamu temui, tunjukkan kepada bayi dan sebutkan nama benda itu. 
 

4. Jadilah Kreatif dengan Memperkenalkan Benda di Sekitar
source: http://raising-teaching-children.blogspot.co.id