Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Jika penyakit seperti flu yang disebabkan oleh virus, maka tidak bisa disembuhkan dengan konsumsi obat ini. Biasanya, antibiotik diberikan apabila penyakit sudah dirasa parah dan tak kunjung sembuh, infeksi bakteri dapat menular, serta jika infeksi bakteri tersebut dapat menimbulkan komplikasi. 

Antibiotik Bisa Memicu Keguguran? Cek Dulu Faktanya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTBAJEvUOLZAwW1rgU8wq6oFDHMDYnBJ6YOSXsEorfE_qr0zsDB

Amankah Antibiotik untuk Ibu Hamil?

Konsumsi antibiotik saat hamil harus sesuai dengan anjuran dokter, karena dokter akan memberikan dosis yang sesuai serta yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, pasien juga harus disiplin saat mengonsumsi antibitoik saat hamil.

”Pemberian obat-obatan ini memang tergantung indikasi. Dokter selalu memberikan obat secara rasional, ada indikasi yang jelas, dosis yang telat, kemudian pasien juga harus disiplin”, begitu jelas dr. Boy Abidin Sp.OG (K) dalam acara Dr. Oz Indonesia dikutip dari Haibunda.

Jadi dapat disimpulkan bahwa konsumsi antibiotik bagi ibu hamil aman apabila berdasarkan resep dokter dan dikonsumsi secara teratur.

Antibiotik Bisa Memicu Keguguran? Cek Dulu Faktanya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRSdTt3611P2YlqQqr_mwdvJlNRKh6E2QAzFmX72w0e9hxjGjCk
baca juga

Apakah Konsumsi Antibiotik Saat Hamil Dapat Memicu Keguguran?

Bayi dalam kandungan dilindungi oleh plasenta dan berbagai lapisan lainnya. Lapisan-lapisan itulah yang kemudian melindungi bayi dari asupan-asupan yang dikonsumsi oleh ibu. Tidak semua zat kimia dari antibiotik yang dikonsumsi ibu terserap seluruhnya oleh tubuh bayi, karena terdapat lapisan pelindung.

Dr. Boy Abidin, Sp.OG (K) menambahkan “Semua zat kimia yang masuk dalam tubuh ibu hamil tidak serta merta masuk dalam janin, tapi ada barier , ada pelindungnya, dan tidak semua akan masuk ke bayi. Beberapa antibiotik tidak disarankan karena dapat menembus barier, sehingga berbahaya bagi janin”.

Antibiotik yang tidak disarankan untuk ibu hamil antara lain: 

  • Tertacycline
  • Kuinolon
  • Metronidazole
  • Clindamycin
Deretan antibiotik tersebut jika dikonsumsi oleh ibu hamil maka akan berbahaya untuk janin. Salah satu efeknya yaitu menghambat tumbuh kembang janin serta resiko peningkatan kecacatan janin.

Akankah sebabkan keguguran? Dr. Boy menambahkan “cacat dan keguguran memang sesuatu yang bisa berkaitan dan bisa juga tidak berkaitan”.
Antibiotik Bisa Memicu Keguguran? Cek Dulu Faktanya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQDaqhoiwhhbb4T3UYg9AkxpH4Bk6_YPhf8pzYSDWyTXuo4dm8q

Kesimpulannya, jika Moms sakit saat hamil, segera konsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan resep obat yang tepat dan aman untuk Moms dan si kecil. Semoga bermanfaat!