Dark Mode: Fitur Ramah Mata dan Ramah Baterai

'Dark Mode' Diluncurkan, Fitur Ini Bakal Dihapus Instagram?
source: https://www.medium.com/

Belakangan ini, semakin banyak penyedia aplikasi yang menawarkan fitur mode gelap yang dikatakan lebih ramah mata dan ramah baterai. Tidak ketinggalan, Instagram sebagai salah satu aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang ini kini juga mengikuti. Saat ini, aplikasi Instagram sudah resmi merilis fitur terbarunya dengan mode gelap yang didukung oleh pembaruan iOS 13 dan Android 10.

'Dark Mode' Diluncurkan, Fitur Ini Bakal Dihapus Instagram?
source: https://9to5mac.com/

Sayangnya, fitur mode gelap yang ditawarkan Instagram tidak dapat digunakan dalam pengaturan aplikasi itu sendiri, melainkan dalam pengaturan handphone secara keseluruhan. Dengan kata lain, Mommy perlu mengaktifkan "dark mode" di pengaturan seluruh sistem iPhone atau Android-mu sebelum fitur tersebut kemudian dapat aktif di aplikasi Instagram. Pasalnya, mode gelap yang dimiliki Instagram baru dapat berfungsi dengan penyesuaian dari mode gelap di seluruh perangkat.

baca juga


Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram

'Dark Mode' Diluncurkan, Fitur Ini Bakal Dihapus Instagram?
source: https://9to5mac.com/

Pengaturan Dark Mode pada iPhone
Para pengguna iPhone dapat menggunakan mode gelap jika iPhone yang dimiliki sudah memperbarui iOS-nya menjadi iOS 13. Nah, Jika sudah, Mommy dapat mengaktifkan mode gelap dengan membuka "Setting", kemudian memilih "Display and Brightness". Terakhir, tap pada opsi "Dark Mode".

Pengaturan Dark Mode pada Android
Para pengguna Android juga perlu memastikan bahwa sistem operasi yang digunakan pada ponsel Android-mu adalah Android 10. Kemudian, Mommy dapat membuka "Setting", "Display", lalu pilih "Night Mode", dan terakhir aktifkan dengan mengubah pengaturannya menjadi "on".  


Fitur Following di Instagram Dihapus

'Dark Mode' Diluncurkan, Fitur Ini Bakal Dihapus Instagram?
source: https://www.businessinsider.com/

Selain itu, Instagram juga menghapus tab "Following" pada salah satu bagian feed di fitur Instagram yang sebelumnya menunjukkan postingan komentar dan postingan yang disukai oleh orang yang diikuti. Tab tersebut dihapus demi menjaga privasi dari para masing-masing pengguna, menurut Vishal Shah selaku Product Head Instagram.