Kimchi adalah salah satu side dish makanan Korea yang disajikan. Makanan tradisional Korea ini terbuat dari olahan fermentasi sayuran. Beragam sayuran terdapat dalam kimchi, seperti sawi putih, lobak, wortel, bawang bombai dan kucai. Sayuran ini dicampur jadi satu, lalu dimasukkan ke dalam toples atau kendi dan diamkan selama 2 hari hingga seminggu. Bila dikonsumsi, kimchi memiliki rasa asin, manis dan asam di lidah.
Tersihir Drama Korea, Bolehkah Ibu Hamil Makan Kimchi?
source: http://www.bbc.co.uk

Pada saat memasuki masa kehamilan, ibu hamil harus memperhatikan asupan gizi yang masuk. Beberapa bahan atau makanan, cenderung dihindari ibu hamil. Lalu, apakah bumil boleh mengonsumsi kimchi?

Menurut Dr. Nugraha Arief dari Alodokter, "Makanan terfermentasi, dalam hal ini, merupakan salah satu yang membawa efek positif bagi kehamilan". Kimchi dan makanan fermentasi lainnya seperti acar dan yogurt terbilang aman untuk dikonsumsi ibu hamil.
baca juga

Makanan hasil fermentasi memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi. Di dalam makanan fermentasi, seperti kimchi, terkandung bakteri prebiotik dan probiotik yang membawa dampak positif untuk kesehatan. Beberapa manfaat mengonsumsi kimchi, sebagai makanan fermentasi, di antaranya:

1. Memperlancar pencernaan

Saat hamil, ibu hamil kadang mengalami sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dapat disebabkan oleh hormon ataupun makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, makanan yang kaya prebiotik, seperti kimchi dapat memperlancar pencernaan. Di mana penyerapan nutrisi yang baik dapat berlangsung efektif.
1. Memperlancar pencernaan
source: http://www.abcnews.go.com
baca juga

2. Mengurangi dampak kelebihan gula

Sudah hal umum, bila ibu hamil mengidam sesuatu, bisa berupa makanan asin maupun manis. Untuk ibu hamil, asupan gula harus dibatasi, agar tidak berdampak buruk pada janin. Bila terlalu banyak mengonsumsi gula, seperti pada nasi, roti ataupun kue, kimchi dapat menetralisasi asupan gula yang masuk ke tubuh. Hal ini dikarenakan bakteri dalam kimchi dapat merombak gula dan lemak dengan baik.
2. Mengurangi dampak kelebihan gula
source: http://www.bigstock.com

3. Meningkatkan sistem imun dan menetralisir racun

Dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya, terdapat nutrisi dan bakteri yang baik untuk kesehatan. Kimchi mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12 dan zat besi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Mineral dalam sayuran juga dapat menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit.

3. Meningkatkan sistem imun dan menetralisir racun
source: http://www.shutterstock.com
Mengingat asupan gizi ibu hamil harus terus dijaga, kimchi boleh dikonsumsi dalam batas wajar. Karena banyak manfaat yang bisa di dapat dari kimchi. Namun, kehigienitas makanan juga perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter kandungan, mengenai makanan apa saja yang boleh atau tidak dikonsumsi. Karena tiap ibu hamil berbeda-beda. Sehat selalu ya, Moms!