Salshabilla membagikan kisahnya lewat insta story yang dishare di akun instagramnya @salshabillaadr. Kejadian ini bermula saat dia sedang menuju kampus untuk melaksanakan Ujian Tengah Semester. Gadis dengan followers 10,5 juta ini merasa pada hari itu polusi Jakarta sedang parah, karena penglihatannya buram. Ternyata polusi Jakarta cenderung normal, seperti biasanya. Saat sedang melaksanakan ujian, mata Salshabilla mulai terasa tidak enak. Terasa sakit dan berair terus-menerus
Kornea Matanya Terluka dan Nyaris Buta, Salshabilla Adriani Kapok Pakai Softlens
Merasa panik, matanya semakin berair, sakit dan tidak bisa dibuka. Setelah ditegur dosen untuk segera dibawa ke rumah sakit, Salshabilla akhirnya menuju Siloam Hospital dibantu teman-teman baiknya.

Dirujuk ke Jakarta Eye Center, ternyata kedua kornea mata Salshabilla sudah rusak, dan mengalami luka yang cukup dalam. Hal ini dikarenakan penggunaan softlens. Padahal menurut Salshabilla, dia sudah menggunakan softlens selama 5 tahun tanpa masalah. Menurut dokter, penggunaan softlens yang lama dapat mencekik kornea mata.
baca juga

Penanganan pertama pada kornea mata Salshabilla yang rusak adalah diberi salep dan penutup mata agar tidak ada debu dan kotoran yang masuk. Pun dokter menambahkan untuk tidak menggunakan softlens lagi dikarenakan pembuluh darah sudah masuk ke kornea mata, sehingga kondisi mata menjadi kering atau dehidrasi.
Kornea Matanya Terluka dan Nyaris Buta, Salshabilla Adriani Kapok Pakai Softlens
source: http://www.instagram.com/salshabilladr
Ditutup selama 6 jam dan kemudian ditetesi 2 macam obat mata, mata Salshabilla kembali pulih. Masih bengkak dan susah dibuka, Salshabilla terus mengalami pusing. Setelah hari ini kembali periksa ke dokter, mata kirinya sudah membaik dan terlihat bening. Namun, sayangnya mata kanannya masih terluka sehingga perlu ditutup kembali.
Kornea Matanya Terluka dan Nyaris Buta, Salshabilla Adriani Kapok Pakai Softlens
source: http://www.instagram.com/helenokt72
baca juga
Salshabilla mengingatkan penggemar dan followersnya untuk berhati-hati menggunakan softlens. Harap dijaga kebersihan dan sesuaikan penggunaan softlens dengan kornea mata. Karena apabila tidak sesuai ataupun penggunaannya salah, dapat mengakibatkan infeksi dan penyakit. Bahkan risiko kebutaan.

Menurut dr. Allert Benedicto Ieuan Noya dari Alodokter, menyebutkan bahaya penggunaan softlens yang tidak sesuai dapat mengakibatkan alergi, penglihatan kabur, rasa terbakar dan gatal di mata, sensitivitas pada cahaya, mata merah, peradangan dan pembengkakan. Dalam kondisi serius, penggunaan softlens yang salah dapat menyebabkan kebutaan bila tidak ditangani segera.

Oleh karena itu, untuk pengguna softlens diharapkan untuk menggunakan softlens yang sesuai dengan saran dokter mata. Pun menjaga kebersihan tangan dan softlens. Hindari untuk menggunakan softlens pada saat tidur, karena berisiko kebutaan.
Kornea Matanya Terluka dan Nyaris Buta, Salshabilla Adriani Kapok Pakai Softlens
source: http://www.alodokter.com
Nah, semoga kisah Salshabilla bisa menjadi pelajaran Moms semua, ya! Agar selalu berhati-hati dan menjaga kebersihan softlens. Semoga cepat sembuh buat Salshabilla!