1. Gunakan Bahasa Inggris Saat Bicara Kepada Si Kecil

Mengajari si kecil bahasa Inggris sebenarnya sama saja dengan bahasa lainnya. Untuk tahap awal, lakukan hal-hal simpel terlebih dahulu, seperti mengajak bayi bicara dalam bahasa Inggris. Bicarakan apapun yang ada dalam pikiranmu atau yang sedang kamu lakukan. Misalnya, bicarakan soal pakaian saat mengganti baju si kecil, sebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar bayi atau yang dilihatnya juga aktivitas yang kalian lakukan bersama. 
Dengan mengajak si bayi berbicara bahasa Inggris secara rutin, maka akan menambah perbedaharaan kata dan otaknya akan menangkap pelafalan yang kamu ucapkan. 
 

source: http://www.parents.com


 

baca juga

2. Nyanyikan Lagu Dalam Bahasa Inggris

Langkah mengajari bayi bicara bahasa Inggris selanjutnya adalah nyanyikan lagu-lagu dalam bahasa Inggris untuknya. Ada banyak sekali lagu anak-anak yang bisa kamu perdengarkan, salah satunya bisa kamu dapatkan referensi lagu di Youtube. Pelajarilah dulu lagu-lagu itu, dan nyanyikan untuk si kecil setiap waktu, misalnya saat kamu menggendongnya, bermain bersama, jalan-jalan dan aktivitas lainnya. Awalnya mungkin si kecil hanya mendengar, namun seiring dengan pertambahan usianya ia akan mengikutimu menyanyikan lagu itu. Selain itu, perdengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris untuk menambah perbendaharaan kata-katanya. 
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=XqZsoesa55w


 

3. Latih Setiap Hari

Si kecil akan lancar berbahasa Inggris kalau kamu melatihnya setiap hari. Lebih baik latih si kecil dalam waktu singkat dan sering, ketimbang jarang dan lama. Lima belas menit setiap hari cukup untuk melatih si kecil. Beberapa bahasa Inggris dasar yang bisa kamu perkenalkan adalah angka dari 1-10. Setelah si kecil bisa lanjutkan dengan 10-20 dan seterusnya, warna, kata sifat seperti besar, kecil, tinggi, pendek, nama anggota tubuh, mainan, pakaian, hewan, makanan dan sebagainya. 

Selain itu, bacakan buku cerita bergambar dalam bahasa Inggris. Ada baiknya kamu memilihkan buku dengan cerita singkat dengan gambar menarik lebih dulu. Seiring dengan pertambahan usianya, kamu bisa menambah waktu belajar bahasa Inggris lebih lama dan mengajarinya lebih banyak kata-kata serta kalimat. Tetaplah rileks dan jangan terlalu serius ya, Moms, agar si kecil bisa menikmatinya. 
 

source: https://babybumblebee.com


 

baca juga

4. Lewat Permainan

Mengajari bayi bicara bahasa Inggris akan lebih seru jika kamu mengajaknya melakukan permainan. Kamu bisa menggunakan flash card untuk melatih si kecil bicara. Flash card disertai dengan gambar dan nama benda. Dengan begitu si kecil akan lebih mudah mengingat nama benda karena disertai dengan visualnya. 
 

source: http://www.furrygraphics.com


 

5. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung

Si kecil dijamin akan lebih cepat belajar bahasa Inggris apabila orang-orang di sekitarnya menggunakan bahasa Inggris saat berbicara dengan si kecil. Karena itu, usahakan kamu kompak dengan anggota keluarga di rumah untuk menentukan English time untuk si kecil. Jadi, tentukan satu hari atau lebih di mana semua orang di rumah harus berbicara dalam bahasa Inggris. 

Selain itu, saat si kecil mulai masuk usia preschool, ada baiknya memasukkan ke sekolah yang mendukung kemampuan bahasa Inggrisnya. 
 

source: http://www.exposureguide.com


Good luck, Moms!