1) Sayur kubis atau kol

Si bulat yang sering dijadikan lalapan ini ternyata tidak direkomendasikan untuk dikonsumi selama menyusui lho. Kenapa? karena gas yang dihasilkannya bisa mengganggu kesehatan bayi terutama di bagian perut. Perut bayi menjadi kembung dan kolik yang ditandai dengan bayi menangis selama berjam-jam tanpa henti.
 

source: http://www.alodokter.com/walau-bikin-perut-kembung-manfaat-kol-ternyata-banyak-lo


 

baca juga

2) Makanan pedas

Buat kamu yang doyan makanan pedas, harus rela mengalah agar bayimu tidak jatuh sakit. Makanan pedas seperti cabai, sambal dan aneka makanan olahan pedas lainnya ternyata bisa memengaruhi ASI sehingga membuat bayi mengalami kolik.
 

source: http://lifehacker.com/5884004/build-up-your-spice-tolerance-with-these-strategies


 

3) Minuman beralkohol

Alkohol di dalam wine, bir dan minuman keras lainnya yang kamu konsumsi dapat mengontaminasi ASI sehingga memengaruhi perkembangan neurologis bayi. Mungkin akibatnya tidak bisa dilihat sekarang, namun nanti setelah bayi beranjak besar. Oleh karena itu, kamu harus menghindari menyesap wine maupun bir walau hanya seteguk saja. Jika diundang ke pesta dan ada yang menawarimu wine, maka tolaklah secara halus.
 

source: http://www.stuartcoffeeco.com/beer-wine/


 

baca juga

4) Kopi

Efek kopi yang bisa membuat begadang dan mengganggu pola tidur ternyata bisa dirasakan bayi jika ibu mengonsumsinya ketika dalam masa-masa menyusui. Kalau kamu memaksa meminum kopi saat menyusui, maka bayimu akan tidak bisa terlelap dan terjaga sepanjang malam. Pantangan ini juga berlaku pada minuman berkafein lainnya seperti teh dan cokelat.
 

source: http://www.worldbulletin.net/news/177027/its-official-the-world-is-running-out-of-coffee


 

5) Ikan laut tinggi merkuri

Beberapa jenis ikan laut seperti ikan tuna dan ikan kalengan lain memiliki kadar merkuri yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi terutama saat kamu menyusui. Ikan yang kandungannya tinggi merkuri, dapat memengaruhi perkembangan otak dan sistem syaraf bayi. Kalau kamu mau mengonsumsi ikan, maka pilihlah ikan air tawar yang tidak mengandung merkuri.
 

source: http://www.menshealth.com/nutrition/eating-tuna-every-day-safe