Kurangi Penggunaan Barang Sekali Pakai
Kemasan makanan dan minuman plastik mudah sekali ditemukan berserakan di jalan. Maka dari itu penting mengganti barang tersebut dengan barang yang bisa dipakai berulang kali misalnya dengan menggunakan botol minum, kotak makan, atau tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali. Jangan malas untuk membawanya dari rumah moms, pikirkan berapa banyak barang yang akan menjadi sampah jika moms tidak menggunakan barang sekali pakai.

Membeli Barang yang Dibutuhkan
Suka beli banyak barang? Hati-hati pemborosan, moms, apalagi kalau akhirnya enggak terpakai kan bisa jadi sampah. Maka pilihlah gaya hidup minimal, bukan hanya untuk hemat namun juga turut membantu menjaga lingkungan. Belilah barang-barang yang memang dibutuhkan.

Kurangi Sampah dengan Gaya Hidup Zero-Waste, Ini 10 Hal yang Bisa Moms Lakukan

Beli Barang Kualitas Terbaik
Barang mudah rusak karena kualitas buruk cuma akan nambah sampah, moms. Niatnya berhemat dengan membeli barang yang lebih murah tapi justru jadi enggak berguna. Nah, untuk solusinya jelas pakai barang kualitas yang bagus dong.

Manfaatkan Barang Pre-loved
Punya baju bagus dan sepatu keren sudah enggak bisa dipakai, jual saja moms. Menjual barang “second” yang dimiliki minimal mampu mengurangi produksi barang yang sama yang artiya juga mengurangi jumlah sampah, serta menambah keuangan.

Lebih Kreatif dengan Memasak
Kemasan camilan bis jadi sampah terbanyak yang ada di rumah, makanya biar sampah berkurang moms bisa bikin menu kreatif untuk camilan. Selain sehat dan hemat camilan juga bisa mengurangi kebiasaan jajan anak lho.

baca juga
Kurangi Sampah dengan Gaya Hidup Zero-Waste, Ini 10 Hal yang Bisa Moms Lakukan

Pindah Catatan dari Kertas ke Gadget
Moms suka mencatat daftar belanjaan atau menu baru, dari pada sibuk cari kertas dan bolpoin mending pindah catatan ke gadget saja moms, dijamin lebih praktis rapi dan tentunya bebas sampah kertas.

Mencabut Perangkat Listrik Setelah Digunakan
Setelah menonton TV atau memakai kipas angin sering kali moms akan malas mencabut kabelnya, padahal dengan begitu boros energi dan biaya lho. Makanya yuk biasakan mencabut semua sambungan listriknya setelah selesai biar hemat.

Berjalan & Bersepeda Lebih Banyak
Kendaraan bermotor adalah pengguna bahan bakar fosil terbanyak serta penghasilkan polusi  tertinggi. Makanya dari pada makin boros hasil bumi dan sakit karena polusi lebih baik jika jaraknya tidak jauh moms bisa berjalan atau menggunakan sepeda.

Ganti Barang Eco-Friendly
Penting juga memakai barang yang ramah lingkungan untuk kurangi sampah. Misalnya menggunaan sikat gigi yang terbuat dari kayu. Atau untuk para ibu bisa pilih popok kain lebih hemat biaya-atau hibrida, yang terutama dari bahan mudah terurai.

Kurangi Sampah dengan Gaya Hidup Zero-Waste, Ini 10 Hal yang Bisa Moms Lakukan

Daur Ulang
Punya banyak botol bekas di rumah, sebaiknya bukan hanya dibuang saja tapi lebih baik dibuat kerajinan. Botol bekas bisa dijadikan pot, kotak pensil atau mainan anak lho moms jadi enggak cuma jadi sampah aja ya.

Tips-tips ini memang terdengar sederhana, namun perlu praktik berkali-kali agar jadi kebiasaan dalam keseharian moms. Tapi tetap semangat dan terus lakukan, untuk bumi yang bebas sampah.