Manfaat Bagi Lingkungan
Sebagaimana artian zero-wasted secara harfiahnya yakni bertujuan mengurangi produksi sampah, maka sudah tentu jika dengan gaya hidup minimal dapat meminimalis jumlah sampah, terutama mengurangi sampah plastik. Sehingga lingkungan pun akan kian terjaga kelestariannya hingga nanti. Dan biota darat maupun laut akan hidup lebih aman tanpa sampah.

Manfaat Untuk Kebersihan
Semakin sedikit sampah maupun barang yang ada tentu semakin bersih pula tempat yang ditinggal. Nah, dengan gaya hidup zero-wasted penggunaan barang lebih maksimal, sehingga mampu mengurangi jumlah barang yang ada, baik di rumah, di kantor ,aupun tempat umum. Dengan begitu artinya moms juga mengurangi jumlah barang dan tentunya menjaga kebersihan.

Bahkan menurut Dini Trisyanti, Direktur Sustainable Waste Indonesia pemerintah semakin giat memaksimalkan penerapan 3R (Reduce, Recycle, Reuse) demi perbaikan pengelolaan sampah Indonesia.

5 Manfaat Terapkan Gaya Hidup Zero-Waste Sejak Dini, Bantu Kurangi Limbah Plastik

Manfaat Bagi Kesehatan
Bakteri dan kuman biasanya berasal dari tumpukan benda kotor, sampah salah satunya. Jadi dengan zero-wasted mampu melatih moms untuk lebih sadar lingkungan dan tentunya makin menjaga kesehatan dengan mengurangi jumlah sampah.

Selain itu, salah satu konsep zero-wasted juga untuk meminimalisir makanan kemasan, itu artinya dengan gaya hidup ini moms dan keluarga akan lebih banyak mengkonsumsi sayuran, bukan makanan kemasan.

Manfaat Secara Ekonomi
Manfaat lainnya dari gaya hidup zero-wasted adalah jadi lebih hemat. Kenapa? Misalnya jika moms memulai zero-wasted dengan membiasakan membawakan bekal makanan pada anak dan suami, berapa biaya yang bisa dihemat dibanding anak maupun suami harus membeli makanan kemasan di luar, tentu lebih hemat kan? Selain itu, dengan zero-wasted moms juga bisa mengubah barang bekas jadi lebih berguna, sehingga mampu mengurangi budget  beli perabot baru mom.

Untuk manfaat ekonomi sendiri penerapan zero-wasted, sebenarnya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat lho moms. Banyak sekali masyarakat yang mulai mengolah sampah jadi bahan kerajinan, yang tentu nilai ekonominya jauh lebih tinggi dibandingkan hanya menumpuknya jadi sampah. Hal ini tentu artinya juga memberdayakan masyarakat dengan memberi lapangan pekerjaan baru.

baca juga
5 Manfaat Terapkan Gaya Hidup Zero-Waste Sejak Dini, Bantu Kurangi Limbah Plastik

Mencontohkan Gaya Hidup Baik untuk Anak
Dengan menjalankan zero-wasted itu sama artinya dengan mengenalkan gaya hidup “bebas sampah” bagi anak. Dengan mengenalkan anak pada gaya hidup ini akan sangat berharga untuk menyelamatkan masa depannya. Ini tak lain karena gaya hidup “bebas sampah” mengajarkan kepedulian anak pada lingkungan dan dirinya sendiri. Dan dampaknya yang lebih jauh, adalah wujud mengajarkan kasih sayang bagi lingkungan sejak dini.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa moms dapat dari gaya hidup zero waste. Sudahkah moms merasakan manfaatny secara langsung. Atau ini jadi pemicu untuk makin “bebas sampah”?