1. Telur Mentah atau Setengah Matang

Pantangan ibu hamil soal makanan memang suatu hal yang penting dan harus diperhatikan betul ketika mengonsumsi makanan apapun. Salah satu makanan pantangan ibu hamil yang pertama adalah dilarang mengonsumsi telur mentah atau setengah matang. Diketahui telur mentah mengandung salmonella yang bisa menyebabkan penyakit pada ibu hamil. Selain itu yang paling bahaya adalah salmonella juga dapat menyebabkan si janin mengalami keracunan hingga keguguran. 

source: http://www.recipechart.com

2. Makanan Laut 

Untuk menjaga janin sehat dan selamat ketika lahir nanti, moms wajib menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, makanan laut memang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama di trimester awal kehamilan. Makanan laut banyak mengandung merkuri yang dapat membuat janin terinfeksi dan mengganggu pertumbuhannya. Sebaiknya moms menghindari makanan laut seperti ikan tuna, kepiting, salmon, udang dan sea food lainnya. 

source: https://www.ecr.co.za
<baca juga>

3. Makanan Fermentasi

Salah satu makanan yang menjadi pantangan ibu hamil yakni tape yang merupakan hasil fermentasi dari singkong. Diketahui tape dibuat dengan menggunakan ragi, dimana ketika sudah menjadi singkong dari hasil fermentasi maka terdapat kandungan alkohol yang bahaya bagi janin. Selain itu kandungan tape yang bisa membuat rahim panas, risiko terburuknya maka bisa membuat janin keguguran. 

source: http://qudapan.blogspot.co.id

4. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Ketika masa kehamilan sebaiknya moms mengurangsi mengonsumsi makanan manis terutama yang mengandung pemanis buatan. Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan seperti aneka kue, minuman manis, atau camilan yang mempunyai rasa manis berlebih. Dampak mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan akan menyebabkan sistem syaraf janin terganggu dan jantung serta paru-paru bayi tidak berkembang secara sempurna. 

source: http://www.lifeline.ae