1. Memompa botol maskara

Hal yang sering dilakukan tanpa sadar oleh para wanita ialah memompa botol maskara. Niatnya untuk mengambil maskara lebih banyak. Namun, dengan memompa botol maskara, akan memasukkan udara dari luar ke dalam botol maskara. Hal tersebut akan membuat maskara cepat mengering dan mengumpal. Apabila ingin mengambil maskara lebih banyak, lebih baik untuk mengambilnya berkali-kali. Setelah apply ke bulu mata, ambil maskara dari botol kemudian apply kembali.
1. Memompa botol maskara
source: http://www.istockphoto.com

2. Tidak menjepit bulu mata

Apabila ingin tampilan bulu mata lebih lentik, disarankan untuk menjepit bulu mata terlebih dahulu. Cukup banyak brand yang menjual penjepit bulu mata, dari harga yang terjangkau hingga cukup mahal. Dengan menjepit bulu mata, akan membuat tampilan bulu mata naik dan terlihat lebih lentik. Bila tidak menjepit bulu mata, ditakutkan maskara akan menempel di bagian bawah mata karena bulu mata cenderung turun dan maskara tidak sempurna ketika diapply.
2. Tidak menjepit bulu mata
source: http://www.grivy.com
baca juga

3. Mengaplikasikannya hanya di ujung bulu mata

Saat menggunakan maskara, alangkah baiknya bila seluruh bulu mata diaplikasikan dengan maskara. Hal ini membuat bulu mata akan terlihat lebih tebal dan lentik. Sebagian wanita, hanya mengaplikasikan maskara di ujung saja agar lebih lentik, hal ini malah membuat bulu mata terasa berat dan mudah patah. Aplikasikan bulu mata dari pangkal, batang hingga ujung bulu mata.
3. Mengaplikasikannya hanya di ujung bulu mata
source: http://www.istockphoto.com

4. Mengaplikasikan maskara ke arah atas

Di awal belajar makeup, mungkin maskara diaplikasikan ke arah atas bulu mata. Namun, hal ini akan membuat sebagian bulu mata tidak terkena maskara. Agar bulu mata terlihat naik dan penuh, aplikasikan maskara dengan gerakan zigzag. Dengan gerakan zigzag, maskara akan menempel penuh pada bulu mata dan menghindari maskara yang menggumpal di bulu mata.
4. Mengaplikasikan maskara ke arah atas
source: http://www.honey-artist.com
baca juga

5. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara

Dirasa kurang lentik, terkadang Moms tidak sadar untuk kembali menjepit bulu mata. Langkah ini tidak akan membuat lentik bulu mata, yang ada bulu mata akan mudah patah dan rontok. Karena maskara yang ada di bulu mata mulai mengering, dan ketika dijepit, akan merusak maskara dan membahayakan bulu mata. Juga membuat penjepit bulu matanya kotor. Biasakan menjepit bulu mata terlebih dahulu, ya, Moms!
5. Menjepit bulu mata setelah menggunakan maskara
source: http://www.shutterstock.com

6. Menggunakan terlalu banyak maskara

Ingin bulu mata terlihat tebal, Moms menggunakan banyak sekali maskara? Jangan, deh, Moms! Hal ini akan membuat maskara smudge atau mudah luntur loh. Belum lagi, bulu mata terasa kaku ketika menggunakan terlalu banyak maskara. Umumnya, pengaplikasian maskara sekitar 2-3 kali, bergantung dengan ketebalan bulu mata. Apabila ingin tampilan lebih tebal, sebaiknya cari maskara yang memberikan volume bulu mata lebih.
6. Menggunakan terlalu banyak maskara
source: http://www.eve.com

7. Menggunakan maskara yang kadarluarsa

Kalau yang ini jangan sampai deh, Moms! Daerah mata termasuk daerah yang sensitif, loh. Umumnya PAO (Period After Opening) maskara itu 6 bulan. Setelah 6 bulan, tidak disarankan untuk memakai maskara tersebut. Cek terlebih dahulu masa kadarluarsanya juga. Pastikan kebersihannya juga. Untuk maskara, tidak disarankan untuk berganti-ganti dengan orang lain. Karena dalam kuasnya bisa mengandung bakteri.
7. Menggunakan maskara yang kadarluarsa
source: http://www.huffingtonpost.com
Nah, itu dia kesalahan penggunaan maskara. Cari tahu produk maskara yang cocok ya, Moms. Karena tidak semua orang bisa cocok menggunakan produk maskara yang sama. Jaga kebersihan peralatan makeup juga ya, Moms! Semoga artikel ini bermanfaat.