1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Catat Moms, Ini 5 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Semua Wanita
source: https://www.health.harvard.edu/

Berdasarkan the American Heart Association (AHA) tekanan darah yang normal berkisar pada 120/80 milimeter merkuri (mm Hg). Nah, tekanan darah ini harus selalu dikontrol dan diperiksa setidaknya sekali setiap dua tahun, sejak Mommy berusia 20. Untuk orang dewasa yang sudah berusia 40 atau lebih dan mereka yang memiliki kondisi khusus seperti obesitas biasanya perlu memeriksakan tekanan darah ini lebih sering. Risiko hipertensi dapat diantisipasi dengan rutin memeriksakan tekanan darah.


2. Memeriksa Kolesterol

Catat Moms, Ini 5 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Semua Wanita
source: https://www.statnews.com/

Memeriksakan kadar kolesterol adalah hal yang terpenting untuk mendeteksi apakah seseorang berpotensi terkena penyakit jantung atau stroke. Jika Momy sudah berusia 20 atau lebih, Mommy harus mengukur kolesterol setidaknya setiap lima tahun. Kadar kolesterol total idealnya harus kurang dari 200 miligram per desiliter (mg / dl). Apabila setelah diperiksa Mommy berisiko terkena penyakit jantung atau stroke, buatlah rancangan program kesehatan dengan dokter untuk pengaturan gaya hidup dan kapan jadwal untuk melakukan tes kolesterol ulang. 

baca juga


3. Pap Smear

Catat Moms, Ini 5 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Semua Wanita
source: https://www.bustle.com/

Sejak usia 21 dan hingga usia 65, Mommy harus melakukan pemeriksaan pap smear setidaknya setiap tiga tahun. Dalam pap smear, dokter akan menggunakan spekulum untuk memperlebar saluran vagina, mengambil sel-sel dari serviks dengan sikat kecil, dan memeriksa sel-sel tersebut untuk potensi yang dapat menyebabkan kanker serviks. Jika Mommy telah berusia 30 atau lebih, Mommy dapat melakukan tes setiap lima tahun.


4. Mammogram

Mammogram merupakan sebuah tes kesehatan untuk memeriksa potensi pertumbuhan kanker payudara yang melibatkan pengompresan payudara di antara lempeng-lempeng untuk mendapatkan gambar X-ray. Memasuki usia 50 tahun, para wanita dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Mammogram setidaknya 3 atau 2 tahun sekali. Jika Mommy memiliki riwayat keluarga penyakit ini, atau masalah lain, bicarakan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan rutin sejak awal.

Catat Moms, Ini 5 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Semua Wanita
source: https://www.healthywomen.org/
baca juga


5. Pemeriksaan Kulit

Catat Moms, Ini 5 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Semua Wanita
source: https://fridaymagazine.ae/

Terakhir, menurut American Cancer Society, para wanita juga harus memeriksa kondisi kulit mereka setiap bulan di rumah. Periksalah dengan cermat kulit di seluruh tubuhmu, cari tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat yang ada, beberapa tahi lalat yang baru muncul dapat menjadi tanda awal kemunculan kanker kulit.

Jika Mommy berisiko lebih tinggi terkena kanker kulit, atau memiliki riwayat keluarga tentang penyakit itu, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter atau dokter kulit untuk lebih tahu detail tentang pemeriksaan yang harus Mommy jalani.