Mitos Pantangan Ibu Hamil
  • Minum Air Es Bikin Gemuk
Tidak ada penelitian yang membuktikan dengan meminum air es maka tubuh ibu hamil akan semakin bertambah gemuk. Padahal kenyataannya penyebab kegemukan ibu hamil jika mengonsumsi makanan tinggi lemak secara berlebih dan juga faktor genetika. 
  • Menjahit Baju Bisa Menyebabkan Bayi Lahir Sumbing
Pantangan ibu hamil yang satu ini banyak membuat wanita salah kaprah mengenai mitos-mitos yang beredar. Penyebab bayi lahir dengan bibir sumbing bukan dikarenakan si ibu menjahit baju atau sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan faktor genetik, obat-obatan dan juga efek radiasi. Jadi tidak ada hubungannya ya moms, menjahit baju dengan bibir anak yang sumbing. 
  • Manaruh Handuk di Leher Dapat Menyebabkan Leher Bayi Terlilit Tali Pusar
Mengalungkan handuk di leher sama sekali tidak ada hubungannya dengan masalah tali pusar si calon bayi. Jika bayi yang lehernya terlilit tali pusar itu disebabkan karena gerakan bayi yang terlalu aktif dan tali pusar yang terlalu panjang. 
  • Ibu Hamil Tidak Boleh Duduk di Depan Pintu
Pantangan ibu hamil yang satu ini masih sangat banyak dipercaya, dimana jika si ibu duduk di depan pintu maka bayi akan sulit mencari jalan lahir. Padahal faktanya adalah jika bayi sulit lahir bisa disebabkan oleh plasenta yang menutupi jalan lahir atau panggul ibu yang terlalu kecil. 
  • Ibu Hamil Dilarang Memotong Rambut
Mitos mengatakan bahwa memotong rambut ketika hamil dapat menyebabkan tulang bayi terputus atau ada yang patah ketika dilahirkan. Nah, moms enggak boleh salah kaprah dengan mitos yang satu ini. Tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa dengan memotong rambut dapat menyebabkan tubuh janin terputus. Hal tersebut bisa saja terjadi namun dengan penyebab lain, misalnya faktor genetik atau prosedur melahirkan yang salah. 
Masih Bingung Membedakan Fakta atau Mitos Pantangan Ibu Hamil? Ini Jawabannya!
source: http://SheKnows.com

Fakta Pantangan Ibu Hamil

  • Tidak Boleh Makan Daging Mentah
Faktanya ibu hamil memang dilarang untuk mengonsumsi daging mentah atau olahan makanan mentah lainnya seperti sushi. Makanan yang tidak dimasak mengandung banyak kandungan berbahaya seperti zat merkuri dan bakteri Salmonella yang dapat membuat janin keracunan serta infeksi. Bakteri di dalam daging atau ikan mentah akan mati atau hilang jika makanan tersebut dimasak hingga benar-benar matang. Nah, selama kehamilan jangan dulu deh moms mengonsumsi sushi atau olahan daging mentah lainnya ya. 
  • Membersihkan Kotoran Kucing
Tak hanya makanan yang menjadi pantangan ibu hamil, namun memelihara binatang juga tidak diperbolehkan. Jika moms memiliki kucing sebaiknya jauhkan terlebih dahulu apalagi membersihkan kotorannya. Diketahui kotoran kucing terdapat parasit yang sangat berbahaya bagi Ibu dan janin. Jika terkontaminasi makan janin bisa berisiko terganggu dan yang paling parah terjadinya keguguran. 
  • Mengonsumsi Kafein
Minuman atau makanan mengandung kafein yang dilarang dikonsumsi ibu hamil juga berlaku pada cokelat dan juga teh. Jika moms sering mengonsumsi kafein saat hamil dikhawatirkan menyebabkan janin keguguran atau meninggal setelah dilahirkan. Hal ini disebabkan kandungan kafein bisa menyerap ke dalam plasenta, dimana dapat mempengaruhi detak jantung dan pernapasan si janin. 
  • Sauna atau Mandi Air Hangat
Hentikan untuk sementara kegiatan yang berhubungan dengan suhu panas seperti pergi ke sauna atau terlalu sering mandi dengan air hangat. Tahu enggak sih moms, bahwa air panas dan suhu panas dapat dapat mengakibatkan kerusakan pada otak janin serta cacat pada bayi. 
  • Dilarang Minum Susu Mentah 
Meski terlihat fresh, moms sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu mentah (belum dipasteurisasi). Susu mentah yang belum dipanaskan setidaknya mencapai suhu 60 derajat celcius, terdapat kandungan bakteri seperti Listeria dan Salmonella yang membuat janin infeksi dan menganggu perkembangannya di dalam kandungan
Masih Bingung Membedakan Fakta atau Mitos Pantangan Ibu Hamil? Ini Jawabannya!
source: https://media.mnn.com