1. Ibu Bekerja Tidak Memberikan Perhatian Cukup untuk Keluarga

5 Stigma Negatif Tentang Ibu Bekerja, Benarkah Tak Bisa Diandalkan?
source: https://theglasshammer.com/

Ini adalah kritik paling umum dan tentunya paling melelahkan yang dihadapi semua ibu yang bekerja. Ingatlah bahwa stigma yang satu ini sangatlah keliru. Apabila seorang pria yang bekerja masih bisa menjadi ayah yang hebat, tentu ini juga berlaku pada para wanita yang menjalankan peran sebagai ibu dan bekerja di luar rumah. Sama seperti para ayah, wanita yang bekerja hanya perlu fokus pada pekerjaan mereka di jam kerja. Di luar itu, tentu keluarga adalah prioritas bagi mereka.


2. Ibu Bekerja tidak Dapat Diandalkan

5 Stigma Negatif Tentang Ibu Bekerja, Benarkah Tak Bisa Diandalkan?
source: https://www.nbcnews.com/

Berbeda dengan ibu yang melakukan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sepenuhnya, ibu yang bekerja digambarkan secara tidak adil sebagai wanita yang tidak memahami seluk beluk urusan rumah. Jangankan untuk menyuapi anak, menenangkan anak yang rewel saja mereka dianggap tidak bisa melakukannya. Padahal, itu semua tentu salah besar. Para ibu, baik itu di rumah atau pun bekerja, tentu memiliki peran yang sama di rumah sebagai istri dan anak.

Kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya adalah sebuah faktor individual yang tidak ada pengaruhnya dengan statusnya yang bekerja atau tidak. Bukankah semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda? 

baca juga


3. Ibu Bekerja Hanya Memikirkan Karirnya Sendiri

5 Stigma Negatif Tentang Ibu Bekerja, Benarkah Tak Bisa Diandalkan?
source: https://www.rand.org/

Pahamilah bahwa bekerja bagi sebagian besar wanita bukan hanya sekadar untuk memenuhi ego diri dalam menjalani peran yang diinginkannya. Sebagian wanita memang bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang besar dan tidak cukup jika hanya berasal dari satu sumber penghasilan. Selain itu, koordinasi dan kerjasama yang baik antara suami dan istri juga bisa menjadi alasan mengapa seorang ibu dan ayah dapat bekerja secara bersamaan. 


4. Ibu Bekerja Terlalu Malas dengan Pekerjaan Domestik

5 Stigma Negatif Tentang Ibu Bekerja, Benarkah Tak Bisa Diandalkan?
source: http://carolynee.net/

Para ibu bekerja meluangkan waktunya secara utuh untuk dua peran yang signifikan dalam hidupnya, baik itu di kantor mau pun di rumah. Faktanya, ia memiliki dua pertiga waktu di dalam rumah bersama keluarga. Tentu itu semua membutuhkan fokus dan energi yang cukup. Tidak jarang para ibu bekerja juga meluangkan waktu untuk bangun lebih awal dan menyiapkan bekal dan sarapan dan tidur paling akhir untuk memastikan semua kebutuhan sekolah anak siap untuk esok harinya.

baca juga


5. Ibu Bekerja Sulit untuk Menjadi Ibu yang Baik

5 Stigma Negatif Tentang Ibu Bekerja, Benarkah Tak Bisa Diandalkan?
source: https://www.theconversation.com/

Masyarakat masih banyak yang memandang sebelah mata ibu bekerja dalam menjalani perannya sebagai seorang ibu dan istri. Ibu bekerja dianggap sulit untuk menjalani peran ibu dan istri yang "ideal" dan baik bagi mereka. Sayangnya, fakta menunjukkan bahwa banyak ibu bekerja dapat sukses membesarkan anak-anak dengan membangun komunikasi yang lancar. Apa pun kondisinya, semua ibu dapat mengurus anak dan rumah dengan baik asalkan ia memang serius dan bisa membangun kerjasama serta komunikasi yang lancar dengan suami.