Ini bukan kali pertama loh moms, hantu kuyang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Sebelumnya ketika pertama kali Ibukota Indonesia yang baru diumumkan akan berpindah ke Kalimantan Timur, netizen sudah memberi peringatan jika di daerah tersebut banyak dihuni oleh sosok mistis berbentuk kuyang. Katanya sih, jenis hantu ini adalah hantu paling seram di Kalimantan Timur. Seperti apa sih sosok kuyang tersebut? Simak yuk penjelasan berikut ini!

1. Asal hantu kuyang

Kuyang sendiri sebetulnya merupakan sosok perempuan biasa. Saat siang hari, ia memiliki wujud layaknya manusia pada umumnya yang gemar memakai pakaian besar atau jubah. Ia berubah menjadi sosok mengerikan karena memiliki perjanjian dengan iblis atau ilmu hitam. 

Salah satu isi perjanjian tersebut adalah harus konsisten memberikan tumbal. Sehingga saat malam tiba, kuyang akan berkeliling mencari tumbal dengan cara melayangkan kepala dan organ dalamnya sementara bagian tubuhnya menunggu di dalam rumah.

Mengenal Kuyang, Hantu Paling Seram di Kalimantan Timur dan Cara Mengusirnya
source: https://today.line.me

2. Bentuk kuyang

Kuyang adalah salah satu sosok makhluk halus dengan bentuk sangat menyeramkan. Kuyang berbentuk kepala perempuan dengan rambut panjang dan hanya memiliki organ dalam. Tanpa tubuh atau tulang. Kuyang berpindah tempat dengan cara melayang sehingga siapapun yang sudah melihat sosok kuyang hanya akan melihat kepala terbang beserta organ tubuh yang terbuka. Hi, seram banget ya moms!

Mengenal Kuyang, Hantu Paling Seram di Kalimantan Timur dan Cara Mengusirnya
source: https://www.popbela.com
baca juga

3. Daerah asal kuyang

Makhluk kuyang bisa ditemukan di seluruh Indonesia, namun masyarakat Kalimantan lah yang lebih banyak mengenal makhluk ini. Kalimantan Timur menjadi provinsi yang paling banyak ditemukan kuyang. Umumnya mereka melihat kuyang di pinggir Sungai Belayan, Kutai, Kartanegara, dan Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.

Mengenal Kuyang, Hantu Paling Seram di Kalimantan Timur dan Cara Mengusirnya
source: https://www.popbela.com

4. Tumbal yang diinginkan kuyang

Bukan hanya sosoknya yang menyeramkan, moms. Konon menurut kepercayaan warga setempat, kuyang memiliki kriteria tersendiri untuk menjadi tumbalnya. Kuyang menginginkan bayi dan darah wanita hamil atau darah wanita pasca melahirkan. Jika memakan darah atau bayi maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak lagi bisa dikalahkan oleh kekuatan apapun. 

Mengenal Kuyang, Hantu Paling Seram di Kalimantan Timur dan Cara Mengusirnya
source: https://parenting.firstcry.com
baca juga

5. Cara mengusir kuyang

Meski makhluk ini terdengar sangat menyeramkan, ternyata ada cara yang dipercaya ampuh untuk mengusir kurang. Salah satu cara paling mudah untuk mengusir kuyang adalah dengan memukul-mukul perabotan rumah tangga di malam hari dan meletakkan sapu ijuk di dalik pintu rumah.

Ada juga doa untuk mengusir kuyang yang dianjurkan dibaca oleh umat muslim. Agar dapat terhindar dari perbuatan jahat Kuyang, disunnahkan membaca surat An-Naas yang memiliki keutamaan berlindung kepada Allah SWT.

Mengenal Kuyang, Hantu Paling Seram di Kalimantan Timur dan Cara Mengusirnya

Arab : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6

Artinya: (1) Katakanlah: 'Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia'. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. (6) dari (golongan) jin dan manusia.