Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah
source: http://idntimes.com/

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) didirikan tahun 1972 dan diresmikan tahun 1975. Berlokasi di Jakarta Timur, tempat wisata ini memiliki area dengan luas 150 hektar. Wisata edukasi ini akan sangat bermanfaat bagi pengetahuan si kecil, Moms.

TMII menampilkan keragaman budaya Indonesia, dengan kekayaan alam hingga teknologi modern. Si kecil dapat melihat aneka busana, tarian, flora fauna, rumah ibadah, dan tradisi daerah secara lengkap. Ada juga sebuah danau yang membentuk miniatur kepulauan Indonesia.

Tidak melulu belajar walaupun menyenangkan, Moms sekeluarga juga bisa menikmati beragam wahana rekreasi di sana. Ada Istana Anak-anak Indonesia Teater IMAX Keong Emas, Kereta Gantung, Snowbay Waterpark, dan masih banyak lagi. Kata orang dulu, belum ke Jakarta kalau belum ke TMII.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan
source: http://mediaindonesia.com/

Kebun Binatang Ragunan bukan sekedar tempat hiburan pada umumnya, tetapi adalah tempat rekreasi bersifat konservatif edukasi. Uniknya, di Kebun Binatang Ragunan diterapkan aturan antibising, yaitu konsep tanpa suara musik. Ini memberikan kenyamanan bagi satwa dan anak-anak bisa aktif berekspresi.

baca juga

Planetarium

Planetarium
source: http://sofyanhotel.com

Wisata edukasi yang satu ini dibangun tahun 1964 dan diresmikan tahun 1968. Planetarium Jakarta merupakan bagian dari Taman Ismail Marzuki. Dari namanya saja, sudah jelas bahwa tempat wisata ini mengangkat tema khusus, yaitu perbintangan dan luar angkasa. Seluruh informasi disuguhkan secara atraktif dan tidak membosankan.

Di Planetarium ini terdapat Teater Bintang yang menampilkan pemandangan langit malam dengan segala pergerakan yang terjadi, di langit-langit yang berbentuk kubah. Selain itu, juga tentang pembentukan tata surya, gerhana matahari dan bulan, dan riwayat hidup bintang. Pertunjukan dilangsungkan selama 50-60 menit.

Belasan jenis teleskop berada di dalam Ruang Astronomi, salah satunya adalah Teleskop ASKO yang digunakan untuk penelitian penentuan hari raya Idul Fitri. Ruang Astronomi biasanya dibuka untuk umum jika sedang ada fenomena alam yang berlangsung. Ada juga Ruang Pameran yang memamerkan beragam peralatan observasi, koleksi pecahan batu meteor, hingga pakaian astronot.

Kota Tua

Kota Tua
source: http://sindonews.net/

Kota Tua adalah salah satu primadona obyek wisata di Jakarta. Di sana, Moms sekeluarga bisa mengetahui berbagai sejarah Jakarta. Lokasinya mencakup sebagian wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, dari Pelabuhan Sunda Kelapa sampai Museum Bank Indonesia.

Berbagai museum berada di kawasan wisata ini, yaitu Museum Keramik, Museum Fatahilah, Museum Wayang, dan lain-lain. Bangunan-bangunan arsitektur zaman Belanda sangat menarik bagi yang gemar berfoto ria. Banyak pertunjukan kreatif di sana, seperti patung tentara emas, badut, pantomim, konser musik jalanan, dan masih banyak lagi.

baca juga

Monas

Monas
source: http://xelexi.com/

Monumen Nasional adalah wisata yang paling ikonik di Jakarta. Monumen ini dikelilingi oleh taman kota hijau yang terbentang dan hutan kota di sudut terluar. Patung-patung pahlawan, relief, air mancur, hingga museum juga menjadi pelengkap wisata edukasi ini.

Nah, kalau Puncak Monas dan Api Emas, ini adalah tujuan utama para wisatawan jika berkunjung ke sana. Pengunjung bisa naik ke puncak Monas untuk melihat 360 derajat keindahan Kota Jakarta. Jangan lupa bawa kamera, ya!

Kidzania

Kidzania
source: http://pbs.twimg.com/

Kidzania merupakan wisata edukasi untuk anak-anak untuk mengenal berbagai profesi pada umumnya. Di sini, anak-anak akan belajar langsung tentang dunia pekerjaan orang dewasa  dan menghargai nilai uang.

Anak-anak akan dikenakan seragam dan berperan sesuai profesi yang sedang dimainkan. Bangunan-bangunan yang ada di Kidzania meliputi Rumah Sakit, Supermarket, Stasiun TV, Salon, Kawasan Industri, Teater, dan sebagainya. Setelah “bekerja”, anak-anak akan mendapat upah yang bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa di Kidzania. Seru sekali kan, Moms?