1. Mengeringkan Rempah-rempah

Dari Dapur Hingga Kebun, Ini 3 Cara Memanfaatkan Koran Bekas yang Menumpuk

Mengeringkan rempah-rempah adalah salah satu cara yang mudah untuk memperpanjang masa simpannya. Tanpa perlu alat pengering makanan, Moms tetap bisa kok mengeringkan rempah dengan mudah dan tentunya hemat. Gunakan saja koran bekas yang ada di rumah. Caranya pun terbilang mudah, cukup dengan menggulung rempah-rempah yang ingin dikeringkan dengan koran, lalu ikat atau jepit dengan paper clip maupun jepitan baju.

Namun, pastikan koran yang digunakan dalam keadaan bersih tanpa debu ya. Serat kertas pada koran memiliki daya serap yang tinggi sehingga dapat mengeringkan rempah-rempah secara alami. Tak hanya rempah-rempah, Moms juga bisa mengeringkan beragam bunga untuk hiasan saat mendekorasi rumah.

2. Pembersih Kaca

Dari Dapur Hingga Kebun, Ini 3 Cara Memanfaatkan Koran Bekas yang Menumpuk

Tak hanya untuk mengeringkan rempah, koran bekas juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kaca rumah yang kotor dan tidak mengkilap. Caranya, cukup basahi koran bekas dengan air lalu gosok-gosokkan pada kaca yang kotor. Untuk mengangkat sisa kotoran dan air pada kaca, Moms bisa menggunakan koran bekas yang kering.

Daya serapnya yang tinggi akan mempermudah Moms saat membersihkan kaca. Hasilnya, kotoran pada kaca terangkat dan kaca rumah menjadi lebih mengkilap. Setara dengan menggunakan cairan khusus pembersih kaca, lho!

baca juga

3. Bahan Baku Pupuk Kompos

Dari Dapur Hingga Kebun, Ini 3 Cara Memanfaatkan Koran Bekas yang Menumpuk

Tak hanya untuk keperluan rumah, koran bekas juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berkebun. Caranya dengan menjadikan koran bekas sebagai bahan baku pupuk kompos. Selain sayuran dan buah-buahan sisa, Moms bisa menambahkan sobekan koran bekas ke dalamnya. Cukup campurkan limbah sayur, koran, tanah dan air. Tempatkan pada wadah kontainer yang besar. Biarkan limbah sayur dan buah juga kertas koran terurai menjadi pupuk. Simpan kurang lebih selama 3 minggu. Pupuk kompos sederhana dapat langsung digunakan pada tanaman.