Memulai sistem zero waste dari diri sendiri

Sebelum mengajak keluarga atau teman untuk turut serta menjaga lingkungan dengan sistem zero waste, kamu juga perlu mempersiapkan diri untuk memberi contoh yang baik. Adapun langkah pertama adalah tidak menambah sampah di sekitar dengan memperhatikan alat yang digunakan ramah lingkungan. Atau jika memang tidak memungkinkan, kamu tidak menambah jumlah sampah yang ada di bumi ini. 

Memulai sistem zero waste dari diri sendiri

Nah moms, untuk membantu gaya hidup zero waste ini, kamu perlu melengkapi 5 benda wajib kamu moms. Apa saja benda wajib tersebut? Berikut penjelasannya!

Tempat Makan

Kesadaran akan sampah plastik yang dapat menggangu tang lain kini sudah menjadi tanggung jawab kita terjadap alam. Seperti menggunakan tempat-tempat makan yang terbuat dari plastik atau sterofoam. Tempat makan sekali pakai menjadi kurang tepat untuk dipilih di era milenial ini. Selain kurang baik untuk kesehatan, sampah yang dihasilkan pun menggangu kenyamanan. 

Tempat Makan

Nah memiliki tempat makan sendiri menjadi suatu kewajiban bagi pengikut Zero waste. Karena makan merupakan kebutuhan dari tubuh yang tidak mungkin untuk dihindari. Jadi kemanapun kamu berada, pastikan kamu menggunakan tempat makan yang kamu bawa. Meski agak merepotkan, namun tetap sehat kok!

baca juga

Sendok, Garpu dan Sedotan

Sebagaimana tempat makan, ketiga alat makan ini pun wajib kalian miliki. Sudah banyak sikali produsen yang menyediakan alat makan tidak sekali pakai. Baik berbahan kayu. Besi stainles dan sebagainya. Tentunya sangat cocok untuk kamu miliki. 

Sendok, Garpu dan Sedotan

Apalagi yang sering terjadi, sampah sedotan ada dimana mana. Selain merusak pandangan juga merusak bumi kita ini moms. Jadi lebih baik menggunakan alat makan yang tidak sekali pakai agar mengurangi produksi sampah dan lebih hemat bukan?

Sapu Tangan

Selain sedotan, tissu juga sering sekali memenuhi isi tong sampah moms. Otomatis hal tersebut turut serta dalam memproduksi sampah yang lebih banyak. Nah, jika kamu mulai tergugah untuk lebih mencintai bumi, kamu lebih baik menggunakan sapu tangan yang bisa dicuci moms. Selain lebih hemat, sapu tangan juga lebih awet daripada tissu. 

Sapu Tangan

Namun sayangnya akhir-akhir ini penjual sapu tangan sudah sangat jarang moms. Tapi jangan sedih, moms bisa menggunakan pakaian bekas suami atau anak untuk menjadikannya sapu tangan. Potong baju yang sudh tidak dipakai sesuai dengan ukuranyang kamu inginkan. Maka jadilah sapu tangan pribadi dan masukkan dalam tamu moms.

baca juga

Botol dan Gelas Tumblr

Minum dengan menggunakan wadah atau botol bukan plastik lebih baik daripada menggunakan gelas-gelas kemasan moms. Maka dari itu moms perlu membawa botol atau gelas tumblr kemanapun kamu pergi agar tidak perlu menggunakan gelas plastik moms. Selain aman untuk kesehatan, tentunya membantu mengurangi sampah moms.

Tas Belanja

Hal penting yang harus kamu bawa yaitu tas belanja. Tas belanja yang mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Tentunya sangat simple bukan? Menggunakan tas belanja yang ringan dan mudah dibawa bisa membantumu untuk menjadi generasi zero waste sejati. Selamat mencoba!

Tas Belanja