1. Menstimulasi Pendengaran Bayi

Perlu kamu ketahui kalau indera pendengaran seorang anak mulai berkembang sejak masih dalam kandungan yaitu di usia 14 minggu. Oleh karena itu, dokter sering menganjurkan ibu untuk sering-sering mengajak bayinya berbicara. Hal ini berguna untuk merangsang pendengaran dan membantu koneksi antara sinaps-sinaps atau neuron di otak yang berperan dalam pendengaran. Berkomunikasi dengan bayi tidak hanya dengan mengajak berbicara, tapi juga bisa dengan memperdengarkan musik atau menyanyikan lagu untuknya. 
 

source: https://www.livestrong.com


 

baca juga

2. Membantu Perkembangan Bicara Anak

Selain menstimulasi indrea pendengaran, mengajak bayi bicara juga dapat membantu perkembangan wicaranya lho. Ya, otak sudah berkembang sejak dalam kandungan, sehingga bayi akan mampu mengingat hal-hal yang diucapkan ibu. Setelah lahir, bayi akan familiar mendengar suara dan kata-kata yang pernah didengarnya saat dalam kandungan. Maka tak heran kalau bayi yang sudah diajak bicara sejak dalam kandungan, kemampuan bicaranya lebih cepat. 
 
source: https://www.stayathomemum.com.au


 

3. Membantu Bayi Merasa Aman

Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan agar si bayi dalam kandungan merasa aman. Salah satunya adalah dengan mengajaknya bicara. Sering berkomunikasi akan membangun rasa aman pada bayi. Perlu kamu ketahui kalau hal yang membuat bayi paling merasa aman adalah ketika mendengar suara sang ibu. 
 
source: http://www.healthyway.com


 

baca juga

4. Menstimulasi Otak

Tak hanya ibu yang disarankan untuk berbicara kepada bayi sejak dalam kandungan, tapi ayah juga. Mengajak bayi bicara sejak dini, akan membantunya untuk membedakan jenis suara ayah dan ibu. Suara ibu lebih tinggi, sementara ayah memiliki jenis suara lebih rendah. Perpaduan dua suara ini akan menstimulasi pusat kecerdasan dan kelima indera bayi. 
 

source: http://blog.twobrightlights.com


 

5. Mengetahui Kondisi Kesehatan Bayi Dalam Kandungan

Selain menstimulasi otak dan indera bayi, mengajaknya bicara juga bemanfaat untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan. Saat mendengar suara ibunya yang menenangkan, maka akan membuatnya lebih rileks. Hal itu bisa terdeteksi dengan gerakan lembut yang dilakukan bayi saat kamu mengajaknya berkomunikasi. 
 

source: https://www.livestrong.com