Mesin Cuci Bukaan Depan (Front Load)
Tips yang pertama adalah tips membersihkan mesin cuci dengan tipe bukaan atas. Begini Moms cara membersihkannya.

  • Kosongkan mesin cuci dan isi dengan air panas, lalu jalankan siklus pencucian seperti biasa. Ini dilakukan untuk membersihkan residu deterjen yang melekat di bagian dalam tabung mesin cuci.
  • Buang air di dalam mesin cuci, kemudian isi kembali mesin cuci dengan air panas. Tambahkan dua cangkir cuka putih untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada mesin cuci dan jalankan siklus pencucian.
Tips Membersihkan Mesin Cuci Sesuai Jenis Agar Awet dan Tahan Lama
source: https://id.wikihow.com/
  • Setelah siklus pencucian selesai, buang air di dalam mesin cuci. Ambil laci untuk menuang deterjen, lalu rendam di dalam wastafel dan gosok dengan sikat gigi bekas hingga bersih.
  • Kemudian, basahi kain lap dengan air hangat, lalu gunakan lap tersebut untuk membersihkan pintu mesin cuci dari luar dan dalam. Pastikan untuk membersihkan karet seal yang ada di bagian dalam pintu mesin cuci front load.
  • Isi kembali mesin cuci dengan air dingin untuk membilas bagian tabung dan selang, lalu keringkan tabung mesin cuci dengan handuk sebelum disimpan kembali.

Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Load)
Berbeda dengan cara membersihkan mesin cuci bukaan depan, begini Moms cara membersihkan mesin cuci bukaan atas. Catat ya, Moms.

  • Pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong, lalu isi dengan air panas dan jalankan siklus pencucian normal.
  • Setelah membuang air dari dalam mesin cuci, isi kembali dengan air panas. Kemudian, tambahkan 3,5 cangkir cuka putih dan ½ cangkir baking soda.
  • Jalankan siklus pencucian selama 30 detik dan biarkan airnya tetap berada di dalam mesin cuci selama 30 menit sampai 1 jam.
Tips Membersihkan Mesin Cuci Sesuai Jenis Agar Awet dan Tahan Lama
source: https://www.samsung.com/
  • Selanjutnya, jalankan kembali siklus pencucian untuk menghapus residu deterjen atau kotoran yang masih melekat di tabung mesin cuci.
  • Matikan mesin cuci dan buang airnya. Siapkan sebuah lap yang sudah dicelupkan ke dalam larutan air panas dan cuka, lalu usapkan lap tersebut ke seluruh bagian dalam mesin cuci.
Nah Moms, itu tadi tips membersihkan mesin cuci tipe bukaan atas dan mesin cuci tipe bukaan depan. Ingat ya Moms, untuk menghindari kerusakan mesin cuci, sebaiknya Moms membersihkan mesin cuci selama 1-2 bulan sekali. Dan pastikan Mommies juga sudah menggunakan cara yang sesuai dengan jenis mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat.