1. Bercerita kepada Bayi

Bayi sudah bisa mendengar sejak dalam kandungan lho, Moms. Agar ia semakin familiar dengan suaramu, maka seringnya mengajak bayi bicara. Bicarakan apapun yang ada di kepalamu. Misalnya rencana-rencanamu hari itu, atau menceritakan tentang hal-hal yang kamu rasakan selama mengandung dirinya. Pokoknya cerita apapun yang menyenangkan dan positif. Jangan lupa bercerita sembari mengelus perutmu ya, Moms! Selain memberi rasa aman, komunikasi ini akan dirasakan bayi sebagai kasih sayangmu untuknya. 
 

source: http://www.womansday.com


 

baca juga

2. Membacakan Buku

Mengajak bayi bicara juga bisa kamu lakukan lewat buku. Belilah beberapa buku cerita anak-anak dan bacakan secara rutin untuknya. Bacakan dengan suara keras agar bayi bisa mendengarnya ya, Moms! Selain untuk bonding, membacakan buku juga efektif menstimulasi indra dengarnya dan mengenalkannya dengan kosa kata baru. Membacakan bayi buku sebaiknya kamu lakukan secara rutin dan setiap hari, misalnya saat bersantai, saat akan tidur di malam hari ataupun kapanpun waktu yang kamu rasa tepat. 
 

source: https://www.parentmap.com


 

3. Menyanyikan Lagu dan Memutar Musik

Tak perlu takut suaramu kurang merdu, Moms. Selama di kandungan yang bayi butuhkan adalah mendengar suara ibunya. Jadi, jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menyanyikan lagu buat bayi dalam kandungan. Nyanyikan lagu apapun yang merupakan favoritmu misalnya lagu anak-anak, pop, jazz, rock, folk dan sebagainya. Nyanyikan saat kalian sedang bersantai ataupun saat hendak beranjak tidur. 
Selain itu, putarkan musik untuknya. Menurut ahli, beberapa jenis musik seperti klasik efektif menstimulasi bayi sehingga berkembang dengan baik lho, Moms!
 

source: https://www.thesun.co.uk


 

baca juga

4. Berikan Sentuhan Lembut Pada Perut

Berkomunikasi dengan bayi tidak hanya bisa kamu lakukan dengan mengajak bayi bicara. Kamu juga bisa melakukannya dengan melakukan pijatan lembut, mengelus perut ataupun mengetuknya secara perlahan. Kalau bayi memberi respon dengan bergerak, artinya ia mendengar sentuhanmu itu. Selain kamu bisa merasakan rileks, pijatan atau sentuhan lembut dapat menstimulasi gerakan bayi dalam kandungan. 
Alangkah bagusnya jika stimulasi berupa sentuhan lembut itu kamu sertai dengan berkata-kata. Selain itu, ajak suami juga memberikan sentuhan pada perut agar bisa dirasakan bayi ya, Moms!
 

source: https://www.shutterstock.com