Gula Aren

Jenis gula merah yang pertama adalah Gula Aren. Gula merah jenis ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan gula kawung. Gula aren terbuat dari nira pohon aren atau pohon kolang-kaling dengan warna cokelat cerah. Gula aren biasanya dibungkus dengan daun kelapa kering dan lebih banyak digunakan untuk bahan campuran kue, karena rasanya lebih manis alami dan bisa memberikan warna yang bagus pada kue.

Gula Aren
source: https://malangtoday.net/

Gula Jawa

Jenis gula merah yang kedua adalah Gula Jawa. Gula merah jenis ini terbuat dari nira pohon kelapa. Gula jawa inilah yang biasa dikenal sebagai gula merah. Biasanya, gula jawa digunakan untuk membuat kecap, dodol, atau kinca. Warna dari gula jawa ini lebih pekat jika dibandingkan dengan gula aren. Dan gula jawa ini harus disaring dulu sebelum digunakan karena biasanya gula jawa sedikit kotor.

Gula Jawa
source: https://malangtoday.net/
baca juga

Gula Semut

Jenis gula merah yang ketiga adalah Gula Semut. Gula merah jenis ini lebih dikenal dengan sebutan gula palem. Bahan pembuatan gula semut berbeda-beda, bisa dari nira pohon aren ataupun nira pohon kelapa. Bedanya gula semut dengan gula aren dan gula jawa adalah bentuknya yang mengkristal. Hampir mirip dengan gula pasir, hanya saja ukurannya lebih besar. Gula semut paling sering digunakan untuk minuman, jamu, isian roti, atau ditaburkan begitu saja pada makanan.

Gula Semut
source: https://www.2011mvpsummit.com/

Tips Memilih Gula Merah

Agar tidak tertipu, Moms wajib nih mengikuti tips berikut ini untuk memilih gula merah yang berkualitas baik. Catat juga cara menyimpannya ya, Moms.

Perhatikan Warna Gula Merah
Ketika membeli gula merah Moms harus tahu bahwa gula merah yang asli dan berkualitas baik memiliki warna yang terang, tegas, dan merata dengan sempurna. Hindari membeli gula merah dengan warna yang gelap, tidak merata, dan terlihat bercak-bercak. Karena kemungkinan gula tersebut tidak benar-benar murni dan sudah dioplos dengan bahan lain.

Tips Memilih Gula Merah
source: https://www.netralnews.com/

Perhatikan Tekstur Gula Merah
Ketika membeli gula merah, Moms bisa mengetahui kualitas gula merah dari teksturnya. Pastikan Moms memilih gula merah yang padat, utuh, rata, tetap stabil saat ditekan, tanpa cekungan, dan tanpa retakan. Gula merah palsu yang telah diberi campuran bahan lain biasanya akan cepat meleleh saat terkena sinar matahari atau saat disimpan di tempat yang lembap, termasuk plastik pembungkusnya sendiri.

baca juga

Cara Menyimpan Gula Merah

Tidak hanya gula putih atau gula pasir yang bisa disimpan untuk stok di rumah. Moms tidak perlu khwatir menyimpan gula merah di rumah karena takut meleleh.  Menyimpan gula merah itu tidak sulit, Moms. Moms, hanya perlu menyimpan gula merah dalam wadah bersih dan kering, lalu tutup dengan rapat. Selain itu, hindari menyimpan wadah gula merah di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, karena akan membuat gula merah anda cepat meleleh. Jauhkan juga gula merah dari makanan cair atau makanan dengan bau yang menyengat.

Cara Menyimpan Gula Merah
source: http://gulamerahmadiun.blogspot.com/

Nah Moms, itu tadi jenis-jenis gula merah dan cara memilih gula merah dengan kualitas terbaik. Jadi sekarang Moms tidak peru bingung lagi, kan? Semoga informasi ini bermanfaat.